Cara mengubah zona waktu Android

Saya yakin kita sering mengecek jam sekarang melalui handphone daripada melihat jam dinding atau jam tangan, handphone sekarang benar – benar menjadi perangkat serba bisa dan serba guna. Karena itulah kita harus memastikan apakah waktu yang ditampilkan sudah benar, mulai dari jam, tanggal dan tahun. Tidak kalah penting adalah zona waktu yang digunakan di handphone.

Kali ini saya akan memandu anda cara mengubah zona waktu yang dipakai di Android, disini saya menggunakan Lenovo A369i dengan Android 4.2.2 (Jelly Bean). Kalau ada perbedaan pada versi Android lainnya silahkan diadaptasikan.

Silahkan anda akses Settings (Pengaturan) Android, dan setelah itu cari bagian Systems, dan tap pada icon jam yang bertuliskan Date & Time.
android-settings-system

Tap pada Select time zone, nanti akan muncul pilihan lokasi dan perbedaan jamnya dan anda tinggal menentukan mau memakai yang mana.
android-settings-date-time

Kalau anda berada di Waktu Indonesia bagian barat (WIB) maka pilih GMT+07:00, Waktu Indonesia bagian Tengah (WITA) adalah GMT+08:00, dan Waktu Indonesia bagian Timur (WIT) maka carilah yang GMT+09:00. Usahakan memilih kota yang paling dekat dengan lokasi anda sekarang supaya perbedaan jamnya cukup akurat.

Jika anda sering berpergian ini bisa jadi merepotkan anda yang harus menyesuaikan jam handphone anda ke waktu lokal, anda bisa memanfaatkan fungsi Automatic time zone yang terletak pada bagian setting Date & time sebelumnya. Aktifkan dengan tap dan memberikan centang. Nanti zona waktunya akan otomatis disinkronkan dengan penyedia layanan jaringan kartu telepon anda.

32 pemikiran pada “Cara mengubah zona waktu Android”

  1. saya tinggal di wilayah Indonesia Tengah tapi kalau saya aktifkan automatic time zone di hp sy waktunya ikut Indonesia Barat terus. bagaimana ya cara memperbaikinya?

    Balas
    • Maksudnya waktu posting yang muncul di medsos? Itu pakai waktu internal sistem/server medsos itu sendiri mas, terlepas dari perangkat mana yang mengirimkan updatenya.

  2. Gimana caranya menambah zona waktu yg tidak ada pengaturan seperti penjelasan anda diatas, jenis tab saya Cube Talk 9x U65GT. Yg ada hanya zona waktu jakarta untuk indonesia dan negara lain

    Balas
  3. Mas.. Aku paku oppo f1s.. Awal nya waktu aku pas pas aja.. Jam ssuai aja.. Eh tiba” aja keganti gtu.. Jd waktu indonesia barat.
    Padahal aku waktu indonesia tengah.. Klo aku pilih zona otomatis.. Dia telat 1jam dri yg sharusnya..
    Udh bingung ngubah nya gak bsa.. Gak pilihan waktu indonesia bgian tengah

    Balas
    • Tanggal dan jamnya otomatis juga mbak?

      Ini pilihannya kota yang muncul? Coba cari yang GMT+8 mbak, nama lokasi yang muncul abaikan saja.

  4. Hp saya xiaomi note 4 pro kq zona waktunua sering berubah sesukannya y? Kdg g matiin juga berubah sendiri.. Settingan apa yg salah y? Thx

    Balas
  5. Mas zona waktu saya keganti dengan sendiri nya jadi wib,, kalau saya aktifkan jadi otomatis dia akan jadi wib sedangkan zona waktu saya wita,, solusii dongg mass

    Balas
    • Suami sy kerja Di G*ab. Hp xiaomi redmi 4i. Waktunya berubah terus padahal sudah GMT+ 8.00 wita.
      Klo pakai manual nggk diijinkan sama aplikasi G*ab nya
      Ap ad solusi yha??
      Makasih

    • Berarti ada masalah pada kartu operator yang dipakai mbak. Coba pakai operator seluler lain mungkin bisa normal kembali.

  6. Bro blh nanya gua indonesia skarang tingal di PNG klau rubah zona waktunya ke PNG gimana, smntra daptar pencarian zona untuk PNG NGAK ada. Tolong solusiya.

    Balas
  7. Hp saya samsung j5, klo pkai zona otomatis malah jdi WITA (KalSel), pdahal saya tinggal di zona WIB (Kalteng). Bagaimana mengatasinya? Apa ada pengaruh dg dimana kita beli kartu perdananya? Soalnya kartu perdana yg saya pkai ini belinya dulu memang di KalSel (WITA)

    Balas
  8. Hp saya assus zenfone 4, jam nya suka ngacok, sudah di setting sesuai lokasi sy berada tapi selang beberapa menit kembali error, gak akurat…
    Gimana cara setting nya ya…

    Balas

Tulis komentar...