Cara refund pembelian aplikasi pada Google Play Store

Pada hari raya imlek kemarin Google Play Store mengadakan promo diskon yang cukup besar untuk pembelian aplikasi berbayarnya. Ceritanya saya salah beli aplikasi karena cuma tap next – next saja. Dan parahnya karena ini pembelian dalam aplikasi jadi saat itu tidak tahu dimana tombol refundnya.

Nah aslinya kebijakan pembelian di Play Store itu bahwa kita bisa melakukan proses refund (pengembalian dana) dalam waktu 2 jam sejak pembayarannya. Anda sendiri pasti tahu di halaman produk aplikasinya akan ada tombol untuk mengembalikan uangnya. Sedangkan untuk pembelian in-app (dalam aplikasi) maka prosesnya lewat Order History (Riwayat Pemesanan) dalam akun anda, ini yang saya baru tahu belakangan. Walaupun telat. 🙁

Bagaimana kalau sudah lewat batas waktunya kita ingin tetap membatalkan pembelian? Masih ada setidaknya 2 cara lagi yang bisa dicoba, tidak ada jaminan berhasil tapi karena tergantung pertimbangan developer dan nanti adalah keputusan Google.

Pertama adalah dengan menghubungi langsung pembuatnya, silahkan cek di detail perusahaannya (saya contohkan Expense IQ) maka akan ada email yang bisa dihubungi. Dan dengan jelas dan sopan meminta untuk transaksinya dibatalkan.

Kedua adalah dengan menghubungi Google langsung lewat sini: https://support.google.com/googleplay/answer/2479637/ dan klik Contact Us di sisi kanan. Akan ada opsi Android apps & games > Request a refund > Email.

Didalamnya akan ada form yang meminta nomor ordernya, bisa didapatkan disini: https://payments.google.com/payments/u/0/home#oneTimePurchase dan setelah itu tinggal ceritakan saja masalahnya apa. Nanti akan dibalas dalam 24 jam apa keputusan Google untuk pembelian aplikasinya.

Sekali lagi, tidak ada jaminan permintaan refund manual ini akan disetujui, tergantung pertimbangan developer dan nanti Google untuk kasus anda. Tapi tidak ada salahnya dicoba.

Oh ya, pembayarannya dengan asumsi pakai kartu kredit. Kalau belinya pakai pulsa saya tidak tahu akan dikembalikan kemana, mungkin berupa pulsa lagi.

2 pemikiran pada “Cara refund pembelian aplikasi pada Google Play Store”

    • Trims mas konfirmasinya. 🙂 Kebetulan operator seluler saya (Tri) masih belum bisa beli pakai pulsa, jadi belum tahu bagaimana efeknya kalau refund.

Tulis komentar...