Cara reset database WordPress

Saya ingin memulai sebuah blog WordPress dari awal tapi cuma untuk kontennya. Daripada menghapus satu per satu postingnya, menginstall ulang plugin dan theme yang terpasang dan mensettingnya kembali yang dirasa cukup merepotkan maka saya berusaha mencari cara mereset database WordPress saja. Minimal postingnya jadi kosong lagi.

Sempat terpikir untuk menghapus atau mengembalikan tabel posting ke default melalui phpMyAdmin tapi ini juga ribet. Setelah mencari kesana kemari di Google dan benar saja ada plugin yang bisa dipakai untuk reset database ini. Install saja WordPress Database Reset.

wordpress-database-reset

Nanti anda akan menemukannya opsi Database Reset didalam menu Tool (Perkakas), jalankan dan pilih tabel mana saja dalam database WordPress anda yang ingin direset ke default. Disini saya mengingatkan dahulu supaya anda membuat backup database situs sebelum melanjutkan prosesnya daripada nanti disaat anda membutuhkan tapi sudah tidak bisa dipulihkan.

Sebagai konfirmasinya anda akan diminta memasukkan kode unik yang dibuat acak oleh pluginnya kedalam kotak yang disediakan dan baru anda bisa menjalankan proses reset database.

Semoga bermanfaat. 🙂 Ingat, buatlah backup dahulu untuk mengamankan data situs anda.

2 pemikiran pada “Cara reset database WordPress”

  1. mau tanya gan.. apakah kalau sudah di reset semua semua masalah yang terdapat di wp kita bisa hilang juga.. seperti masalah sitemap, copyright, robot txk, dan lain lain, dan kalau kita bangun ulang bisa kah kita terhindar lagi dari masalah tersebut?

    Balas

Tulis komentar...