Cara reset Opera di Windows

Setelah saya membahas cara reset Mozilla Firefox, Internet Explorer dan Google Chrome ada salah satu pembaca yang menanyakan bagaimana langkahnya untuk mengembalikan kondisi browser Opera seperti semula. Walau si penanya tidak menyertakan sistem operasi komputer apa yang digunakan tapi saya yakin adalah Windows. Sedangkan untuk Opera sendiri walau sudah menggunakan Chromium sebagai mesinnya ternyata sudah banyak dirubah settingnya sehingga metodenya tidaklah sama dengan Google Chrome. Pantas saja bingung.

Jadi di Opera tidak ada setting atau alamat khusus yang harus diketikkan untuk melakukan reset konfigurasi browser. Agak sedikit manual caranya, silahkan buka dulu programnya dan buka halaman About – bisa melalui Menu atau mengetikkan alamat opera://about.

opera-about-paths

Nanti di dalam halaman tentang Opera anda akan menemukan bagian Path, perhatikan lokasi yang tercatat dalam baris Profile dan Cache. Contohnya dalam komputer saya:

  • Profile:?? ?C:\Users\Chandra\AppData\Roaming\Opera Software\Opera Stable
  • Cache:?? ?C:\Users\Chandra\AppData\Local\Opera Software\Opera Stable

Sedangkan kalau anda menggunakan sistem operasi lain seperti Linux atau Mac sebenarnya masih serupa tapi cuma beda lokasi penyimpanan data profil dan cachenya saja. Tinggal diadaptasikan saja caranya.

Tutup dulu jendela aplikasi Opera kemudian akses kedua lokasi folder diatas dan hapus saja. Nanti saat anda membuka Opera kembali maka akan otomatis dibuatkan profil baru dengan setting default. Ya, proses reset konfigurasi Opera telah berhasil.

Semoga membantu. 🙂

Tulis komentar...