Cara reset setting aplikasi di Android

Banyaknya jumlah aplikasi di Google Play bukan berarti kualitas rata – ratanya adalah bagus. Beberapa apps di Android ada yang tidak memberikan pengaturan untuk aplikasinya, dan anehnya untuk game tertentu tidak ada cara untuk logout atau mengganti akun yang sedang aktif digunakan. Jadi kalau ingin memakai username atau akun lain maka saran dari teman saya adalah dengan menginstall ulang aplikasi tersebut.

Jika ukuran appsnya besar dan biasanya kalau game bisa besarnya bisa 100MB lewat maka ini bisa menghabiskan kuota bandwidth internet anda, apalagi bisa cukup lama juga menunggunya sampai selesai mendownload ulang. Padahal ini ternyata tidak perlu dilakukan karena kita sebenarnya bisa mereset setting aplikasi supaya kembali ke keadaan semula seperti tidak pernah digunakan.

Yang perlu dilakukan adalah mengakses Settings (Pengaturan) di Android, kemudian pada bagian Device tap pada Apps. Disini saya menggunakan Lenovo A369i dengan Android 4.2.2 (Jelly Bean), bila Android anda lain versinya ada kemungkinan perbedaan dalam langkah – langkahnya tapi saya yakin masih mirip, jadi adaptasikan saja.
android-settings-device

Daftar aplikasi yang terinstall akan muncul, silahkan cari nama apps yang ingin anda reset datanya dan tap.
android-apps-downloaded

App info untuk aplikasi tersebut (saya memilih WhatsApp) akan muncul, perhatikan bagian Storage dan tap pada Clear data.
android-app-info

Pesan peringatan penghapusan data app permanen akan muncul, seluruh file, setting, akun, database dan lainnya akan dibersihkan secara total. Kalau yakin tap saja OK.
android-delete-app-data

Sekarang data atau setting app tersebut akan kembali ke kondisi awal atau berhasil direset. Silahkan anda login dengan akun lain atau mengulangi kembali konfigurasinya dari awal. Secara umum kalau ada aplikasi yang bermasalah maka reset kadang bisa menjadi solusinya.

Update 10 Agustus 2015, cara alternatif dan berdasarkan ASUS Zenfone 5 Android 4.4.2 Kitkat (request dari mbak Ayu):

  1. Akses Settings (Setelan).
  2. Pada bagian Device (Perangkat) buka Apps (Apl).
  3. Dalam daftar aplikasi Android silahkan tap pada icon menu (tiga titik vertikal di kanan atas).
    asus-zenfone-5-reset-application-preferences
  4. Tap pada Reset app preferences (Setel ulang pref aplikasi).

Tulis komentar...