Cara reset video player di ASUS Zenfone

Kasusnya sederhana: Di handphone ASUS Zenfone 5 keponakan saya untuk memutar video sudah ada aplikasi bawaannya dan telah menjadi default. Masalahnya walaupun kita sudah menginstall aplikasi lain seperti MX Player atau VLC kita tidak bisa mengganti video player defaultnya. Aneh kan?

Standarnya sih kita tinggal mereset default aplikasi Android untuk memutar video di Android. Ini tinggal buka Settings > App > dan seharusnya akan ada Video Player atau semacamnya kemudian kita hilangkah defaultnya. Nanti saat memutar video kita akan ditanyakan lagi akan menggunakan app apa untuk membukanya. Mudah kan?

Ternyata di handphone ASUS ini tidak ada aplikasi bernama Video Player dan jelas tidak ada dalam daftar aplikasi terinstall. Disinilah letak kebingungan saya. Tapi saya yakin pasti ada solusinya. Setelah hampir 1 jam mencoba akhirnya ketemu juga, padahal masalah sepele ini tapi kalau tidak tahu ya lama juga mengatasinya.
asus-zenfone-5-settings-apps

Jadi yang perlu kita reset itu aplikasi Gallery-nya. Ternyata fungsi app ini merangkap selain melihat foto/gambar juga memainkan video. Misal anda mengalami hal yang sama maka pada Launch by default tinggal tap pada Clear defaults. Selesai.

Semoga bermanfaat. 🙂

18 pemikiran pada “Cara reset video player di ASUS Zenfone”

  1. alhmdulillah… hpku udh bs lagi.
    makasih banyak mz.
    beneran, tdinya hp ini mw tak banting.
    gra2 itu, muter video macet, cmn suara doang yg kdengeran.

    Balas
  2. Mas saya masih bingung gmna caranyaa
    udh saya coba tapi tetep gabisa muter video yg udh di unduh, tapi video yang lainnya tetep bisa diputar kecuali video yang baru baru saya unduh

    Balas
  3. Video di hape tiba2 gak bisa diputar lagi
    Mau itu di gallery ataupun di facebook
    Mohon bantuannya…
    Udah dicoba pake cara clear default tp ttp tidak bisa 🙁

    Balas

Tulis komentar...