Cara restart Windows Explorer

Berikut adalah tips yang mungkin membantu saat Microsoft Windows tidak ada pengaruh (hang atau freeze) dari perintah mouse atau keyboard, dan kursor mouse menunjukkan kalau masih ada proses loading dengan simbol jam pasir atau lingkaran tanpa henti. Cara ini hanya bekerja kalau Windows masih responsif.

Untuk mematikan Windows Explorer anda perlu mengakses Start > Shutdown (Turn Off Computer di Windows XP) dan klik Cancel pada dialog shutdown dengan menekan Ctrl+Shift+Alt.
Windows shutdown cancel ctrl shift alt

Perintah ini akan membunuh proses explorer.exe dan sekarang yang perlu anda lakukan adalah menjalankan proses explorer.exe baru untuk mengakses semua fungsi dan tampilan di Windows kembali.

Buka Task Manager (Tekan tombol Ctrl+Alt+Del), pilih File > New Task.

Windows Task Manager File New Task

Ketik explorer.exe pada dialog ini. Perintah ini akan merestart proses explorer.exe dan mengembalikan Windows Explorer ke keadaan semula.
Windows run dialog explorer.exe

Cara diatas merupakan rekomendasi Microsoft untuk restart Windows Explorer, tapi kalau anda ingin cara yang lebih cepat ada cara lainnya (yang biasanya saya lakukan).

Buka Task Manager dengan tombol keyboard CTRL+Alt+Del atau cara alternatifnya Ctrl+Shift+Esc, Pilih proses explorer.exe dan pilih End Process untuk mematikan Windows Explorer.

Windows Task Manager End Process

Kemudian sama dengan langkah diatas pilih File > New Task dan masukkan explorer.exe untuk menjalankan Windows Explorer kembali

2 pemikiran pada “Cara restart Windows Explorer”

Tulis komentar...