Cara setting kompresi ZIP dan RAR terbaik di WinRAR

WinRAR mendukung pembuatan arsip file dengan kompresi bertipe ZIP dan RAR yang secara default tidak menggunakan tingkat kompresi terbaik yang bisa dicapai. Kenapa WinRAR tidak menggunakan setting kompresi ZIP dan RAR terbaik? Alasannya adalah tingkat penggunaan sumber daya seperti CPU akan lebih tinggi dan lama, juga membutuhkan penggunaan RAM yang lebih besar dari kompresi normal.

Kompresi file bisa bermanfaat memperkecil ukuran file secara keseluruhan, mengumpulkan file tersebut menjadi satu paket, dan cek integritas file untuk mengetahui kerusakan file – semua ini menjadi kelebihan melakukan kompresi file dengan format ZIP dan RAR, baik untuk arsip penyimpanan file maupun pendistribusian file.

Bisa dilihat apa saja manfaat kompresi file secara sekilas diatas dan tentu sebaiknya kita memanfaatkan konfigurasi kompresi WinRAR secara maksimal. Sekarang buka aplikasi WinRAR dan akses Options dan pilih Settings… atau bisa dibuka dengan menekan kombinasi tombol Ctrl+S.

winrar-options

Langkah selanjutnya tergantung anda ingin menyetting penggunaan tingkat kompresi untuk ZIP, RAR atau keduanya sekaligus secara default.

Setting kompresi ZIP terbaik

Pindahkan tab pada bagian Compression dan tekan tombol Create Default.

winrar-settings-compression

Pada “Archive Format” pilih ZIP dan di “Compression method” silahkan ubah ke opsi Best. Tekan OK untuk menerapkan penggunaan tingkat kompresi terbaik ZIP secara default.

winrar-set-default-compression-options-zip

Mulai saat ini WinRAR akan membuat file arsip ZIP dengan metode kompresi terbaik.

Setting kompresi RAR terbaik

RAR adalah format arsip dan kompresi asli dari WinRAR, sehingga ada kelebihan dibanding format ZIP yang standar yang akan dijelaskan berikut untuk mencapai tingkat kompresi terbaik. Kembali pada tab Compression pilih Create Default kembali, kemudian pada Archive Format RAR dan Compression Methodnya adalah Best.
winrar-set-default-compression-options-rar

Anda bisa melakukan konfigurasi lebih lanjut untuk mencapai ukuran kompresi RAR terkecil dengan memberi centang pada “Create solid Archive”. Solid Archive ini adalah fitur khusus format kompresi RAR, cara kerjanya adalah dengan menghilangkan jarak antar file yang dikompresi sehingga tingkat kompresi yang dicapai bisa lebih tinggi. Kekurangannya bila anda membutuhkan salah satu file di dalam arsip RAR dan posisinya berada di tengah maka kita perlu mengekstrak semua isinya baru bisa diakses karena dengan solid archive semuanya dianggap satu bagian berkesinambungan.

Lebih lanjut lagi anda bisa membuka tab Advanced dari sini, dan kemudian tekan tombol “Compression…”. Disini anda akan menemukan konfigurasi lebih lanjut untuk kompresi file dengan format RAR.
winrar-set-default-compression-options-advanced

Anda bisa mengubah beberapa settingnya jika mau, tapi bila belum yakin coba gunakan Auto untuk Text compression, Audio compression dan True color compression. Bila anda sudah yakin dengan setting kompresi RAR silahkan tekan OK untuk menyimpannya.
winrar-advanced-compression-parameters

Dengan melakukan beberapa langkah diatas maka WinRAR akan menggunakan setting kompresi ZIP dan RAR terbaik yang mampu dilakukan, ini dengan kompensasi lebih tinggi tingkat penggunaan prosesor, memori dan waktu. Tapi ukuran file hasil kompresi yang didapatkan adalah yang terkecil dibanding setting default WinRAR.

26 pemikiran pada “Cara setting kompresi ZIP dan RAR terbaik di WinRAR”

    • Jujur saja… saya tidak tahu dan baru pertama kali mendengarnya. Setelah mencari informasi mengenai Windows Highly Compressed ini, banyak yang tidak bisa menggunakannya juga.

      Secara pribadi malah was – was kalau menggunakan Windows yang entah sudah dimodifikasi apa saja installernya. Lebih baik yang download ISOnya dari situs resmi Microsoft.

      Mengenai bagaimana mungkin bisa sekecil itu, dengan tipe file yang ada dalam setup Windows saya simpulkan tidaklah mungkin sementara ini. Lain waktu saya akan menguji sendiri installer tersebut.

      Teknik kompresi data atau file akan lebih besar rasio penghematannya kalau banyak data atau file yang sama, ini prinsipnya. Makanya kalau anda mengkompresi file bertipe teks atau tulisan saja kompresinya bisa sangat besar.

    • Halo Ryan, saya dulu sempat mencoba KGB Archiver (http://sourceforge.net/projects/kgbarchiver/) dan memang hasil kompresinya bisa lebih kecil dari ZIP atau RAR. Tapi ya kekurangannya adalah kalau menggunakan tingkap kompresi maksimal maka akan memakan waktu cukup lama (tergantung ukuran file aslinya dan jenis filenya), dalam percobaan saya iseng – iseng mengkompres folder instalasi Microsoft Office 2007 dari sekitar 500MB menjadi 90MB-an dalam waktu hampir 2 jam.

      Jadi kemampuan CPU anda akan diforsir habis dan berpengaruh terhadap kecepatannya. Karena format file hasil KGB Archiver ini juga tidak standar seperti ZIP maka saya tidak pernah memakainya lagi.

    • Kalau ada kesalahan dalam jawaban saya silahkan dikoreksi mas. Memaki – maki juga tidak menjelaskan apa ada solusi yang lebih bagus dari yang saya ketahui saat ini.

  1. gan kepala ana pusing nih, mohon bantuan. gimana gan cara kompres file foto atau coreldraw 7 mb ke dalam winrar agar menjadi 2-3 MB saja, semua tutor di google rata2 file kalau ga eks *.iso, *.mp4, *.exe, atau dokument. udah ana coba pakai winrar, dan KBG Arciever sama aja. nah gimana cara kompress file foto jpg dan cdr file 7MB menjadi 2-3mb. trims

    Balas
    • Halo Rudy, singkatnya… tidak bisa mas.

      Saya jelaskan dulu sekilas mengenai teknisnya. Saya contohkan ini file TXT. Jadi yang dilakukan proses kompresi itu membuat kamus dari karakter – karakter yang digunakan dalam satu file. Misal dari kalimat: aku ingin makan dan mandi. Nah kan ada 5 karakter a, jadi seperti ini: aaaaa, maka dikompresi akan disandi menjadi a ada 5 kali pada posisi berikut. Jadi kompresi itu ampuh kalau:
      1. File aslinya dalam bentuk murni tidak dimodifikasi.
      2. Banyak elemen yang sama.
      Nah… file CDR itu sudah dikompresi mas. Dan ekstensi yang mas tanyakan itu tidak dikompresi agar datanya utuh.

  2. Halo mas. Aku punya data buanyak banget dari film foto musik dll. Nah kan ga semua dipakai tapi mau dihapus sayang. Pake hardisk berapapun penuh melulu. Apakah kalo tak kompres ke rar/zip bisa membantu mengurangi space? Aku coba pakai winrar untuk android cuma ngurangi 10mb per file. Misal 200mb jadi 190mb. Nah terus kalo dikompres ke rar/zip pas di ekstrak, pixel atau datanya menurun ga dari data asli sebelumnya? Apakah pakai winrar yang ada di komputer aja biar lebih kecil datanya? Makasih mas

    Balas
    • Sayangnya tidak mbak. Itu format musik dan gambarnya sudah terkompres jadi sulit dikecilkan lagi.

      Untuk foto, saya sarankan pakai Google Foto/Photos dan lakukan sync. Nanti semua fotonya akan otomatis dibackup dan kuotanya unlimited.

    • Untuk vidio bisa memggunakan ckyo cari di google tapi lame dam musik foto bisa online dan format factory jadikan file tipe acc untuk musik dan atur sendiri sitingnya

    • Mas pernah coba menambahkan file baru ke dalam file RAR yang sudah ada? Biasanya bisa dan langsung dikompresikan ulang kan? Nah Lock Archive ini mencegah hal tersebut, jadi arsipnya tidak boleh dimodifikasi.

    • Jenis file aslinya apa mas? Tidak semuanya bisa dikompres lebih kecil lagi. Misal video/audio itu aslinya sudah dikompres menggunakan codecnya.

      Yang paling ngefek itu yang bertipe teks atau database.

  3. Om, misal saya ingin kompress file A dengan kapasitas 1 gb kedalam winrar. Lalu didapatkan fike dalam winrar 0.9 gb. Apakah nanti jika saya ekstrak filenya kembali, isi nya masih aman aman aja atau ada yg korup filenya?

    Balas
  4. gan saya pernah dowload file rar yang isinya video, ukuran rar nya cuma 200mb an tapi pas diekstrak nyampe 9 gb file videonya, itu cara compressnya gmna ya, saya cari2 di google ga ada yg berhasil caranya.

    Balas
  5. bro, saya pernah download game gta 5, di dalam rar dan ukurannya hanya 5mb pas diekstak skitar hampir 60an gb itu kompresnya gmna klo boleh tau ?

    Balas

Tulis komentar...