Cara setting Telkom Speedy di modem Huawei

Salah satu modem pemberian dari Telkom Speedy adalah Huawei HG532e dan sudah dilengkapi kemampuan WiFi. Berbeda dengan saat setting modem TP-LINK maka pada modem dari Huawei ada username dan password default lainnya yang harus dipakai untuk mengganti beberapa setting modem. Untuk konfigurasi modem agar mampu menggunakan akses internet dari Telkom Speedy kita perlu menggunakannya.

Hal ini saya alami saat berusaha mensetting speedy di modem Huawei tersebut, ternyata username dan password default admin tidak memunculkan opsi – opsi tingkat lanjut untuk setting internet. Setelah dicari kesana kemari ternyata kita harus menggunakan username: support dan password: theworldinyourhand. Ini pula yang menyebabkan banyak orang kesulitan karena memang tidak standar.

Jadi saat anda membuka halaman administrasi modem Huawei di alamat IP 192.168.1.254 isikan saja username dan password tersebut untuk login. Catatan, pada gambar dibawah memang menggunakan username admin. Ini hanya digunakan untuk ilustrasi panduan saja.
huawei-hg532e-login
Kemudian untuk melakukan setting Speedy buka halaman Basic > WAN. Pilih INTERNET_TR069_R_0_35, selanjutnya isikan VPI = 0 dan VCI 35. Pastikan connection typenya adalah PPPoE.
huawei-hg532e-basic-wan

Baru selanjutnya kita mengisikan username dan password dari akun Telkom Speedy anda. Kalau anda tidak tahu apa usernamenya maka isikan dengan nomor pelanggan Telkom disusul @telkom.net (contoh: [email protected]), tapi bila anda lupa apa passwordnya maka terpaksa anda harus menanyakan ke service center Telkom di 147.
huawei-hg532e-basic-wan-pppoe

Kalau sudah klik saja Submit maka seharusnya modem tersebut akan berusaha terhubung dan sesaat kemudian koneksi internet anda sudah aktif. Silahkan tes dengan membuka alamat website manapun.

Semoga bermanfaat. 🙂

Comments (6)

  1. Fahmi Al Khusni Februari 4, 2015
  2. taufik September 18, 2015
  3. Tri Februari 11, 2017
    • Chandra Februari 11, 2017
  4. Zeze Maret 22, 2017
    • Chandra Maret 23, 2017

Leave a Reply