Cara tahu Windows diinstall menggunakan BIOS atau UEFI

Sudah jamak PC atau laptop 2 tahun belakangan ini motherboardnya mendukung UEFI, tapi ternyata seringkali Windowsnya sendiri tidak memanfaatkannya jadi masih pakai teknologi lama yakni BIOS. Walaupun dalam sehari – hari bisa dikatakan penggunaannya sama saja.

Kalau sudah terlanjur menginstall Windowsnya dan ingin tahu kita booting pakai Legacy BIOS atau UEFI maka cara paling mudahnya adalah mendapatkan informasi dari log instalasi Windows. Silahkan buka file yang berlokasi di C:\Windows\Panther\setupact.log menggunakan Notepad. Tapi ukurannya cukup besar, sekitar 80MB jadi bisa cukup lama baru muncul isinya.

Kemudian carilah kata Callback_BootEnvironmentDetect: Detected boot environment:, nanti isinya antara BIOS atau UEFI yang menandakan instalasi sistem operasinya pakai yang mana.

Alternatifnya adalah dengan mengecek partisi harddisk, kalau ada partisi kecil tersembunyi (tidak muncul di Windows Explorer) dan apabila bisa dibuka isinya ada beberapa file dengan ekstensi .efi maka berarti pakai UEFI.

Oh ya, kalau tiba – tiba muncul error No bootable device tapi prioritas bootingnya sudah benar ini disebabkan antara Windowsnya rusak atau anda salah mengganti BIOS ke UEFI atau sebaliknya.

Tulis komentar...