Cara uninstall app dan game di Android

Yuk kita kembali ke dasar penggunaan dan perawatan Android. Populernya sistem operasi ini di berbagai perangkat mobile seperti handphone dan tablet mewajibkan pemiliknya untuk awas dalam setiap hal yang terjadi. Karena mudahnya proses instalasi aplikasi dan game baru kadang membuat kita lupa bahwa kapasitas media penyimpanan kita terbatas. Inilah yang menyebabkan kita tidak bisa menyimpan data baru seperti app dan foto, karena itulah kita harus mengecek dan menghapus aplikasi yang sudah tidak dibutuhkan secara berkala.

Bagaimana cara menghapus aplikasi atau game di Android? Caranya sangatlah mudah, silahkan akses Settings (Pengaturan) kemudian cari bagian Device (Perangkat) anda akan menemukan Apps, silahkan tap untuk membukanya.
android-settings-device

Selanjutnya pada tab Downloaded cari nama app atau game yang sudah jarang anda mainkan atau tidak pernah dipakai lagi. Silahkan tap pada namanya. Anda bisa memanfaatkan Clean Master untuk memberitahu anda app mana saja yang sudah lama tidak diakses.
android-apps-downloaded

App Info untuk app tersebut akan terbuka, silahkan tap pada tombol Uninstall. Catatan saja kalau anda ingin menghapus data dari aplikasi untuk mereset seluruh settingnya maka geser kebawah dan tap pada Clear Data.
android-heroes-charge-app-info

Konfirmasi bahwa anda benar – benar ingin menghapus aplikasi tersebut dengan tap pada OK.
android-uninstall-app-confirmation
Silahkan anda tunggu proses pembersihan data dan file dari aplikasi tersebut. Ini juga merupakan salah satu solusi bila anda mengalami error “Error downloading . There is insufficient space on the device.”.

Semua langkah diatas saya uji coba di Lenovo A369i dengan Android 4.2.2 Jelly Bean, jika versi yang anda miliki berbeda silahkan diadaptasikan caranya – seharusnya masih mirip.

Semoga membantu. 🙂

Tulis komentar...