cdnjs: Layanan CDN untuk script open-source

Para web developer biasanya sudah mengenal Google Hosted Libraries atau Microsoft AJAX CDN, walau layanan CDN untuk script mereka dapat diandalkan ada kekurangannya yaitu mereka hanya menghosting JavaScript Library terpopuler saja. Bagaimana kalau anda menginginkan menggunakan Content Delivery Network tapi untuk script open-source yang tidak sepopuler jQuery? Maka cdnjs adalah jawabannya.

cdnjs merupakan sebuah layanan CDN gratis yang dimotori oleh CloudFlare akan menjamin ketersediaan setiap file yang ada di seluruh dunia dan dengan kecepatan akses yang tinggi. Dengan memanfaatkan cdnjs anda akan mendapatkan keuntungan dari CDN yaitu peningkatan kecepatan loading website karena pengunjung akan menggunakan file yang terdekat dan tercepat dari posisi mereka dan tentunya penghematan penggunaan bandwidth hosting situs anda.

Bagaimana cara menggunakan cdnjs di website anda? Cukup mudah sebenarnya, anda cukup menggantikan referensi file script yang dipakai dengan alamat url dari file yang terdapat di cdnjs. Contohnya adalah jQuery maka anda cukup menyisipkan kode berikut:
//cdnjs.cloudflare.com/ajax/libs/jquery/2.1.0/jquery.min.js

cdnjs-jquery-and-plugins

Harap perhatikan memang disarankan tidak menggunakan protokol dari url yang diberikan, jadi tidak diperlukan http://, https:// atau spdy://. Karena sistem penulisan alamat // akan otomatis mengikuti protokol tempat file tersebut dimuat, jadi ini merupakan salah satu teknik optimasi.

Kalau anda membutuhkan versi lain dari script yang ada di cdnjs maka klik saja namanya dan akan muncul daftar file yang tersedia untuk script tersebut. Cara penggunaannya sama dengan sebelumnya.

cdnjs-jquery

Oh ya walaupun nama layanannya adalah cdnjs bukan berarti isinya hanya javascript saja, CDN ini juga menyediakan script berbasis css, font, gambar, swf asalkan file tersebut dari proyek open-source dan telah disetujui untuk dihosting di cdnjs. Kalau proyek yang anda buat membutuhkan script yang belum ada di cdnjs maka anda bisa mengajukannya, proses ini biasanya tidak lama asalkan tidak ada masalah di lisensi atau distribusi filenya.

Tulis komentar...