Cek DNS server menggunakan nslookup

Kadang masalah tidak bisa dibukanya suatu website bukan hanya dari koneksi internet kita saja, DNS Server yang digunakan akan memiliki pengaruh. Karena tugas DNS server adalah menerjemahkan nama domain menjadi alamat IP yang bisa dimengerti oleh komputer, kalau ada kesalahan jelas situs tersebut tidak akan ditemukan.

Karena itu anda setidaknya selain menguji koneksi internet anda dengan ping ada baiknya juga menggunakan perintah nslookup sebenarnya berapa IP address dari website tersebut yang diberitahukan oleh DNS server yang anda gunakan. Cara menggunakannya adalah dengan memanggil command prompt, ketikkan nslookup disusul nama domainnya dan kemudian tekan ENTER. Contohnya adalah nslookup utekno.com.

windows-7-command-prompt-nslookup

Anda akan mendapatkan informasi apa nama DNS server dan IPnya, sekaligus apa saja alamat IP (bisa lebih dari 1) dari website yang anda cek dengan nslookup. Kalau pada saat anda melakukan pengecekan terjadi “DNS request time out” maka penyebab masalah koneksi internet anda bisa disebabkan ketidakstabilan dari ISP yang anda gunakan atau memang server DNS yang anda pakai juga bermasalah.

Solusinya untuk masalah pertama adalah menghubungi customer service dari penyedia layanan internet anda, sedang yang kedua anda bisa mengganti DNS server yang digunakan ke OpenDNS atau Google DNS. Semoga berhasil.

Tulis komentar...