CloudFlare DNS: Layanan DNS Hosting gratis terbaik

Dari pembicaraan saya dengan beberapa pengunjung di uTekno dalam topik DNS Hosting gratis ternyata belum banyak yang tahu bahwa CloudFlare sendiri menyediakan layanan tersebut. Bahkan dibandingkan beberapa pesaingnya bisa dikatakan ini CloudFlare DNS adalah yang terbaik untuk pengaturan DNS domain gratis.

Sehingga selain anda bisa mendapatkan akselerasi CDN untuk website anda, perlindungan dasar dari DDoS juga bisa menggunakan layanan DNS Hosting tanpa biaya sama sekali. Bahkan anda juga bisa hanya menggunakan DNS server milik mereka tanpa perlu mengaktifkan fitur CDNnya yang akan tuliskan caranya dibawah, sangat mudah kok.
cloudflare-logo
Kelebihan dari CloudFlare adalah mereka memiliki puluhan data center di berbagai negara di penjuru dunia, dan mereka menggunakan Anycast DNS Server sehingga setiap query yang masuk akan dilayani oleh DNS server yang terdekat dan tercepat dari lokasi pemintanya. Selain itu karena banyak server yang bekerjasama ini menjamin kehandalan mereka dan kecil kemungkinan adanya masalah.

Bagaimana cara menggunakan CloudFlare DNS? Sama persis dengan mendaftar akun CloudFlare biasa, nantinya anda akan diminta memasukkan nama domain yang ingin memakai layanan mereka. Setelah anda mengganti nameserver dari domain anda maka secara otomatis sudah bisa mengedit DNS Zone dan DNS record. Ya, anda tinggal mengakses halaman DNS Settings dari masing – masing nama domain untuk mengubah isinya saja.
cloudflare-domain-dns-zone

Anda bisa mematikan fitur proteksi dan CDN dari CloudFlare untuk setiap catatan DNS yang tersimpan dengan mengklik icon awan oranye, bila sudah berwarna abu – abu ini menandakan layanan CloudFlare tidak aktif. Cocok bagi anda yang hanya ingin menggunakan layanan DNS hosting gratis mereka.

Selanjutnya ada beberapa jenis DNS record yang bisa anda tambahkan yaitu: A, AAAA, CNAME, TXT, SPF, MX, NS, SRV, dan LOC untuk saat ini. Besar kemungkinan akan bertambah kedepannya.

cloudflare-add-dns-record

Selama memakai DNS mereka saya tidak pernah harus menunggu lama untuk proses propagasi DNSnya, bahkan terkesan instan.

Saya rasa dengan tawaran CDN gratis dan ditambah DNS hosting yang juga cuma – cuma membuat CloudFlare masih belum ada tandingannya. Juga tidak ada batasan dalam jumlah DNS request atau jumlah domain yang bisa ditangani, apalagi kualitas layanan mereka juga termasuk yang terbaik. Kelebihan – kelebihan ini membuat saya sangat merekomendasikannya, tapi alternatif tentu saja ada seperti Hurricane Electric yang batasannya paling lega kedua setelah CloudFlare.

Tulis komentar...