Daftar penyedia sertifikat SSL gratis

Sertifikat SSL digunakan untuk mengenkripsi koneksi SSL/TLS dari website ke pengunjung menggunakan fungsi kriptografi yang kuat dan merupakan bukti keseriusan pemiliknya dalam masalah keamanan. Selain adanya SSL ini bisa meningkatkan kepercayaan calon pembeli di toko online, baru – baru ini Google mengumumkan bahwa website yang menggunakan SSL akan mendapatkan peringkat lebih baik daripada yang tidak.

Bingung bagaimana nanti bentuknya kalau suatu website menggunakan SSL (Secure Socket Layer)? Pertama protokolnya akan berubah menjadi HTTPS (Hyper Text Transfer Protocol Secured), kedua lihat pada address bar browser anda maka akan ada icon gembok, dan tergantung tingkatan sertifikat SSLnya kadang akan berwarna hijau. Jenis SSL sendiri bermacam – macam tergantung kebutuhan, banyak (sub)domain, dan besar dana anda.
google-co-id-ssl-certificate

Sayangnya sertifikat SSL ini selain cara memasangnya bisa dikatakan sulit atau minimal adalah repot. Dari segi harga sendiri tingkatan paling rendah masih di sekitar $10 atau sekitar Rp. 120.000. Jadi pengeluaran kita akan lebih banyak lagi nantinya. Tapi untungnya ada beberapa penyedia sertifikat SSL secara gratis, dan akan saya sebutkan apa saja yang saya ketahui.

InstantSSL

InstantSSL menawarkan sertifikat SSL gratis untuk 90 hari dan tidak dapat diperpanjang, karena memang tujuannya adalah Trial. Kenapa saya sebutkan disini? Karena takutnya ada yang salah paham kalau tawaran mereka benar – benar gratis.

GoGetSSL

Senada dengan penyedia sertifikat SSL sebelumnya, GoGetSSL juga menawarkan sertifikat SSL gratis untuk 90 hari dan difungsikan untuk percobaan sebelum membeli yang sesungguhnya.

CAcert

CAcert juga memberikan anda sertifikat SSL secara gratis selama 1 tahun dan diperpanjang secara manual, anda harus mengakses akun anda sebelum masa aktif sertifikatnya habis kemudian memilih opsi memperpanjang. Saya tidak menyarankan CACert karena sudah perlahan – lahan dukungannya dihapus dari browser populer. Nanti akan keluar error pada browser kalau anda memakainya.

cacert-ssl-error

Saya pernah menuliskan panduan cara mendapatkan sertifikat SSL gratis dari CACert, mungkin kalau sekarang bisa digunakan sebagai referensi saja.

StartSSL

StartSSL adalah yang terbaik diantara semua yang saya sebutkan, anda mendapatkan sebuah sertifikat SSL untuk satu nama domain dengan masa aktif satu tahun. Untuk memperpanjangnya anda harus membuka akun StartSSL kemudian mengikuti instruksi perpanjangannya secara manual, cukup 1 tahun sekali saja kok jadi buat remindernya saja.

Kekurangannya adalah kalau anda ingin membatalkan (revoke) sertifikat SSL untuk nama domain anda entah karena alasan apapun maka anda akan dikenai biaya, ini sangat terasa pada saat terjadinya bug Heartbleed dimana keamanan data website anda sangat terancam.

Universal SSL dari CloudFlare

CloudFlare melalui fitur Universal SSL yang baru saja diumumkan merupakan cara termudah dalam memasangkan SSL pada website anda secara gratis. Anda tinggal mengaktifkan opsi SSL saja pada panel setting untuk nama domain yang sudah dimasukkan kedalam layanan CDN milik mereka.

cloudflare-ssl-settings

Lainnya

Secara umum sertifikat gratis ini jelas akan membantu kita dalam mengamankan koneksi website kita dengan efek positif pada SEO juga. Tapi kadang dalam menggunakannya (contoh StartSSL) akan bermasalah pada sistem operasi mobile seperti Android atau iOS.

Setelah kita mendapatkan sertifikat SSL untuk domain kita maka selanjutnya kita harus mensettingnya, ini bisa melalui cPanel atau secara manual ke dalam web server kita. Di lain waktu saya akan membuatkan tutorial atau panduan cara menggunakan SSL di website.

Daftar penyedia sertifikat SSL ini semoga saja lengkap, dan akan terus saya update bila ada yang baru atau terlewatkan.

Semoga membantu. 🙂

Tulis komentar...