Daftar program manajemen database MySQL

Pengguna MySQL biasanya membutuhkan software bantuan untuk mengatur Server MySQL. Software ini biasanya digunakan? untuk mengatur user, keamanan database dan query dalam tampilan GUI (Graphical User Interface) yang bisa menjadi lebih informatif daripada melalui command prompt. Dari deskripsi sudah terlihat bahwa akan sangat membantu Database Administrator dalam melakukan tugasnya.

Tool – tool manajemen MySQL ini akan dibatasi pada tool yang bersifat gratis untuk penggunanya, selain untuk mempermudah anda mendapatkannya juga kualitasnya tidak kalah dengan yang berbayar.

mysql-logo

Silahkan anda cek daftar program pengaturan database MySQL berikut:

  • SQLyog – merupakan software keluaran Webyog yang memiliki lisensi opensource GPLv2 di Windows dan walaupun ada beberapa fitur yang dibatasi pada versi gratisnya (Community Edition)? tapi dalam penggunaan jarang kita temui batasan tersebut menghalangi pekerjaan kita.
  • Sequel Pro – Adalah software manajemen MySQL di Macintosh, dan selama ini saya coba memang lebih mudah dipahami cara menggunakannya.
  • phpMyAdmin – Biasanya sudah terdapat pada local server atau web hosting anda, dan bisa digunakan di seluruh sistem operasi asalkan ada browser.
  • HeidiSQL – Adalah program manajemen database MySQL favorit saya, selain kemampuannya cukup lengkap dan mudah digunakan. Juga mendukung MariaDB, MS SQL Server, dan PostgreSQL. Jadi dari satu program bisa mengakses semuanya.

Beberapa tool manajemen MySQL di atas memiliki fitur – fitur yang kurang lebih sama, anda bisa mencobanya satu persatu dan memilih favorit anda. Kalau saya pribadi lebih terbiasa menggunakan HeidiSQL tapi kalau ingin agar satu tool bisa diakses dari semua lokasi (online) maka saya sarankan phpMyAdmin.

Tulis komentar...