Digital Ocean: Virtual Private Server termudah dan terbaik

Kalau web hosting anda sudah tidak mampu menangani traffic pengunjung maka sudah saatnya anda merencanakan upgrade baik ke paket hosting yang lebih tinggi atau menggunakan VPS. Tahap upgrade selanjutnya dari shared hosting adalah VPS (Virtual Private Server), dimana dengan kebebasan setara dengan dedicated server, spesifikasi mendekati server sesungguhnya, tapi harga masih relatif murah.

Sebenarnya banyak sekali penyedia hosting VPS baik dengan nama Cloud Hosting, Cloud VPS dan semacamnya. Beberapa nama besar didalam bidang VPS adalah Linode, Rackspace, Ramnode atau raksasa Amazon Web Services. Kali ini saya memperkenalkan pemain baru dalam bidang VPS bernama Digital Ocean yang bisa menjadi alternatif pesaingnya yang memasang harga lebih mahal.

digital-ocean

Digital Ocean menawarkan VPS dengan teknologi KVM (Kernel-based Virtual Machine) yang lebih baik dari OpenVZ (Open Virtuozzo) dalam manajemen VM (Virtual Machine). Kapasitas penyimpanan yang lumayan besar minimal 20 GigaByte dengan menggunakan teknologi SSD (Solid State Disk) bukan Harddisk biasa lagi – jadi kecepatan akses I/O-nya bisa mencapai hitungan GigaByte. RAM yang diberikan untuk paket VPS anda adalah minimal 512 MB. Juga bandwidth yang diberikan sebesar 1 TeraByte per bulan, jumlah yang cukup besar bukan?

Semua ini bisa anda dapatkan hanya dengan membayar $5 per bulan, kalau dirasa spesifikasi VPS yang ditawarkan kurang maka anda tentu bisa membeli atau upgrade ke paket VPS yang lebih baik.

digital-ocean-pricing

Bisa dilihat kalau harga yang ditawarkan oleh Digital Ocean untuk masing – masing paket VPSnya termasuk murah apalagi dengan spesifikasi yang diberikan. Saya yakin anda tidak akan kecewa dengan kualitas dan harga dari Digital Ocean.

Lainnya

Digital Ocean menghitung biaya yang diperlukan dalam pemakaian VPSnya dalam hitungan per jam. Jadi kalau anda tidak membutuhkan VPSnya lebih baik dihancurkan saja, jangan dimatikan karena anda masih terkena biaya pemakaian.

ssd-virtual-servers-336x280

Backup di Digital Ocean akan dikenakan biaya tergantung ukuran backupnya.

Lokasi server Digital Ocean saat ini terdapat di New York, San Francisco untuk Amerika dan Amsterdam (Belanda) untuk Eropa.

Kode Kupon Promo Digital Ocean

Anda bisa mendapatkan credit gratis dari promosi Digital Ocean, dengan menggunakan kode promosional ini anda bisa membuat Droplet (istilah Virtual Machine di Digital Ocean) dan menggunakan VPS selama beberapa bulan dengan gratis hingga credit anda habis tentunya.

Kode : DIVEIN10 (berlaku sampai 4 April 2014)
Anda akan mendapatkan $10 Credit.

Kode : HOLIDAYSSD (kemungkinan hanya berlaku bulan Desember 2013, tapi silahkan coba tidak ada salahnya.
Anda akan mendapatkan Credit Digital Ocean sebesar 10 Dollar.

Masukkan kode diatas pada bagian Billing di Digital Ocean. Bagian ini akan selalu saya update bila ada promo code baru dari Digital Ocean dengan informasi berapa credit yang didapatkan beserta masa aktifnya.

8 pemikiran pada “Digital Ocean: Virtual Private Server termudah dan terbaik”

    • Selamat malam Iqbal, saya menggunakan VPS dari Ellipsis Node (dulu bernama HostNun) dengan virtualisasi OpenVZ. Yang lebih berpengaruh sebenarnya kecepatan servernya, berapa cpu core yang disediakan, jumlah RAM, dan software servernya.

    • Wah… ya tidak bisa dihitung begitu mas. Tergantung ini pakai web server apa dan websitenya dibuat dengan apa, sangat berpengaruh soalnya. Tapi misalkan pakai LAMP (Linux, Apache, MySQL, PHP) saja untuk 512MB 5000an sehari saja masih kuat untuk 512MB RAM.

Tulis komentar...