Dimana sebaiknya menyampaikan keluhan ke Wahana?

Mengirimkan barang menggunakan Wahana memang belum tentu lancar sampai ke tujuan. Bisa saja terjadi masalah seperti paket rusak, salah alamat, hilang entah kemana, terlambat sampainya, tidak jelas status paketnya, paket dikirimkan ke orang yang salah dan masih banyak lagi. Ini tercermin pada komentar – komentar pada saat cek resi Wahana bahwa mereka mengalami kesulitan untuk menghubungi Wahana bila ada masalah.

Pasti ada perasaan cemas menanti datangnya paket kita yang dikirimkan melalui Wahana. Jadi kemana kita bisa menanyakan, mengadukan, memberikan komplain, menyampaikan keluhan layanan, memberikan saran dan kritik ke Wahana? Disini saya membatasi pembahasan untuk kontak Wahana Prestasi Logistik / Wahana Express melalui internet atau online. Oh ya kalau anda bingung membaca kode status yang digunakan silahkan baca arti status tracking Wahana.

Sebelumnya saya berikan kontak lengkap Wahana terlebih dahulu berdasarkan halaman hubungi kami dan sumber – sumber lain:

PT. Wahana Prestasi Logistik

Jl. Rempoa Raya No. 88
Rempoa, Ciputat 15412
Jakarta. Indonesia
Nomor Telepon: (021)71355152, (021)71327230, (021)7341688
Nomor Handphone: 081283094446, 087783051807, 085692526114
SMS: 089670748264
Faximile: (021)7362710, (021)73886974
Email: [email protected] , [email protected] , dan [email protected]

Menghubungi Wahana melalui email

Ini pengalaman saya menghubungi customer service Wahana lewat email, karena yang tercantum ada 3 alamat email jadi saya kirimkan semuanya saja soalnya tidak yakin dibalas dengan cepat pada awalnya. Dalam email sudah saya sertakan nomor resi/airwaybill Wahana beserta foto resinya dan menceritakan kronologisnya secara singkat. Sayangnya balasan baru datang 2 hari kemudian (lihat screenshot) dan itupun menanyakan dimana letak agen Wahana asal pengiriman dan kapan tanggal pengirimannya. 🙁 Ini yang membuat saya bingung, apakah tidak ada sistem informasi terintegrasi di dalam Wahana yang melacak seluruh keluar masuknya barang.
wahana-email-response
Catatan saja, saya menanyakan ke Wahana mewakili mbak Hilma yang menghubungi saya melalui email dan terdokumentasi lengkap. Akhirnya tidak jadi dilanjutkan karena si penerima (pengiriman dari Jakarta ke Bengkulu) sudah pasrah terhadap nasib barangnya, dan saat saya cek terakhir (23 Mei) statusnya masih IN PROCESS sejak tanggal 10 Mei dan belum ada update sama sekali.
wahana-tracking-detail
Kesimpulannya? Kalau bukan masalah darurat jangan melalui email, dan harap bersabar. Usahakan saat email pertama kali informasi yang diberikan adalah lengkap supaya tidak ada korespondensi bolak – balik yang menanyakan detail pengirimannya.

Menghubungi Wahana melalui Facebook

Dalam membantu mbak Novita yang barangnya salah kirim ke orang lain saya tidak sengaja menemukan bahwa Wahana memiliki Facebook Page (https://www.facebook.com/WahanaPrestasiLogistik), tapi… jangan berharap banyak. Aktivitas di Facebooknya sangatlah jarang dan terakhir aktif pada tanggal 30 Januari 2014 pada saat saya menulis artikel ini.
wahana-facebook-page

Menghubungi Wahana melalui Yahoo! Messenger

Dari situs Wahana sebenarnya ada icon Yahoo! Messenger untuk customer servicenya, anda bisa mengontaknya di [email protected]. Entah memang saya terlalu malam saat ingin mencobanya tapi keadaannya offline terus setiap kali saya cek setelahnya. Sehingga saya belum bisa menilai bagaimana layanan customer servicenya melalui chatting, jadi akan saya update di lain kesempatan.

Membuat surat terbuka di Kompas

Kalau anda ingin mendapatkan tanggapan resmi dari Wahana mengenai nasib paket anda maka membuat surat terbuka di media seperti koran bisa anda tempuh. Kompas sendiri memiliki bagian khusus untuk itu bernama Surat Pembaca yang bisa diakses online.

surat-pembaca-kompas-kecewa-wahana

Saya sendiri mengetahuinya saat berusaha mencari cara alternatif menghubungi Wahana dan menemukan ada yang sudah membuat surat pembaca yang ditujukan kepada Wahana Prestasi Logistik dan sampai sekarang masing menunggu tanggapannya.

Lainnya

Dilihat dari cerita – cerita mengenai Wahana yang masuk, saya simpulkan dan sempat merasakan bahwa Wahana termasuk susah dicari orangnya. Presensi mereka di internet sayangnya tidak dimaksimalkan untuk meningkatan kualitas layanan pelanggan yang mengalami kesulitan, padahal selama saya menggunakan jasa mereka tidak pernah ada masalah – mereka termasuk jasa ekspedisi yang cepat dan murah.

Dari percakapan singkat saya melalui email tampaknya ada diskonek antara pusat dengan cabang dan mereka harus menanyakan sendiri ke pihak terkait, jadi wajar saja kalau pertanyaan kita tidak bisa langsung dijawab.

Saya akan selalu mengupdate apabila ada kabar baru, bila ada tambahan atau koreksi jangan ragu untuk menuliskannya di komentar. Ini akan membantu saya, anda, dan pengunjung lainnya yang sedang kebingungan di kemudian hari. Terimakasih. 🙂

1.226 pemikiran pada “Dimana sebaiknya menyampaikan keluhan ke Wahana?”

  1. Maaf tolong bisa bantu cek resi ASX95878
    atas nama restu deby. Barang dikirim dari Malang tanggal 31 juli, dan tanggal 3 agustus tulisan nya sedang dikirim ke tujuan, tpi sampai sekarang belum datang2. Mohon bantuan nya

    Balas
  2. Saya baru dua kali ini pakai wahana. Yang pertama pengiriman jakarta ke jogja, beres tepat waktu. Makanya saya percayakan utk pengiriman kedua. Dari jakarta ke cilacap. Dikirim tanggal 28 agustus. Kata agennya akan tiba dalam 4 hari kerja. Tapi sampai hari ini 4 September paket belum sampai juga. Status di aplikasi, paket saya ternyata baru nyampe cirebon dan sudab di sana sejak tanggal 29. Saya tanyakan ke CS lewat aplikasi, jawabanmya cuma informasi status yg sudah saya lihat sendiri. Saya email ke 3 alamat email di atas, semua undelivered. Saya coba sms ke semua nomor tidak ada jawaban. Coba telpon ke semua nomor yg tangerang, tidak ada yg diangkat walaupun nyambung. Harus bagaimana lagi ini? Padahal itu barang perlengkapan sekolah anak saya.

    Balas
  3. Tolong bilangin ma kurir yg namanya muhamad tabah satrio.sopan dkit kalo anterin paket tu.ga main asal lempar aj.ditegor malah sewot.dan nama penerima paket tolong y namanya ditulis yg bener.ga ad yg namanya tai

    Balas
  4. Mas tolong di bantu no resi saya AUA26900 pengiriman dari tgl 26 dari surakarta ke jakarta, saya update terus pengiriman dari jam 11.19 di ambil sama kurir yang bernama muhamad Alfian, sampe kemarin saya chek katanya sudah di terima jam 15.03. padahal paket sama sekali belum saya terima. Saya minta tolong kemana ya mau nyari barang saya padahal udah ke CS nya malah bilang di hari kerja baru bisa buat laporan.

    Balas
  5. Dapet notif dari tokopedia hari kemarin klo paketan sudah sampai tapi saya & suami tidak menerima paketnya, sudah tanya tetangga sana sini tidak ada yg ketitipan lalu nyasar kemana paketannya…? hiks itu pesanan para customer nyesel banget pakai wahana udah coba chat sama CS terputus 3 kali tak dapat pertolongan apa apa yang jawab auto replay

    Balas
  6. Udah wahana tutup aja dari pada konsumen banyak yg kecewa. Masih bagus ga di polisikan sama konsumen. Pemilik nya ga malu apa. Hampir semua memberikan feedback negatif ke jasa pengiriman ini

    Balas
  7. Saya selaku pengirim. Saya kirim barang tgl 14 oktober tapi sampai skrg barang terhenti di cirebon. Dr tgl 16okt sampe skrg 21okt. 5hari ngapain aja d gudang wahana??
    Tolong donk itu barang titipan customer. Tanggung jawab nya donk. No resi saya auj76072 buat lain nya bisa d track. D lihat masih on proses dr tgl 16okt

    Balas
  8. Kurir wa sy minta share loc, eh sudah di share loc dan dijawab letak rumah dan ancer2nya , kurirnya bilang nyusahin yang kirim gara2nya salah tulis RT RW, pdhal nyari alamat nggak sampai keliling nyari RT RW nya

    Balas
  9. Wahana suruh tutup aja,dr tgl 4 nov 2019 pengiriman,sampe skrg dah 12 hari ga dateng2 paket gw,,,,parah tuh,nyari nya jg susah,mau tanya jg susah sama sapa,ada chat online tetep pada mingkem ga bisa jawab,,,,kampreeeeet….nyesel gw pake wahana

    Balas
  10. Ini cara menghubungi wahana gimna iyab, paket saya dikirin dari tgl 25 november dan sampe skrng kok blm sampai juga iya

    Balas

Tulis komentar...