Dimana sebaiknya menyampaikan keluhan ke Smartfren?

Apakah anda mengalami masalah terhadap produk Smartfren? Misalnya ada kerusakan pada handphone Smartfren anda, trouble di paket internet, atau ada gangguan layanan Smartfren di daerah anda sebaiknya dilaporkan kemana? Kali ini saya mencoba mencari tahu lewat mana saja Smartfren bisa dihubungi secara online, dan karena sempat berurusan dengan mereka sekalian saja jadi dokumentasi.

Sebenarnya tidak harus ada masalah juga sih kalau mau menghubungi pihak Smartfren. Kalau anda memiliki pertanyaan, komplain, keluhan, permintaan tolong, saran, pengaduan, kritik dan semacamnya – melalui media mana akan mendapatkan respon yang terbaik? Terbaik disini adalah jawaban dari pihak Smartfren yang memang memberikan jalan atau solusi terhadap pertanyaan yang disampaikan, tentunya dalam waktu respon yang cepat.

Semua ini dari pengalaman dan pengamatan saya, jadi kemungkinan bisa berbeda untuk anda. Gunakan saja sebagai referensi. 🙂

Menghubungi Smartfren melalui email

Anda bisa menyampaikan pertanyaan anda ke Smartfren melalui email menggunakan formulir yang disediakan pada halaman Hubungi Kami. Isikan data diri anda dan alamat email yang bisa dihubungi, jangan lupa pilih kategori keluhan yang sesuai. Sayangnya form ini tidak mempertimbangkan adanya pertanyaan dari non-pelanggan karena harus mengisikan nomor handphone yang menggunakan Smartfren, akhirnya saya terpaksa mengisikan dengan nomor yang asal – asalan supaya bisa dikirimkan.

smartfren-hubungi-kami

Dalam pengalaman saya kurang lebih 2 jam akan mendapatkan jawaban dari customer care Smartfren, ini termasuk cepat karena saya melaporkannya jam 9 malam dan dibalas jam 11 malam. Padahal saya sendiri tidak berharap akan dibalas pada hari itu juga karena diluar jam kerja.

Menghubungi Smartfren lewat Facebook

Smartfren bisa dikatakan sangatlah aktif di Facebook Pagenya, setiap pertanyaan pelanggan akan dijawab dalam waktu yang cukup cepat. Pengalaman saya menanyakan ketersediaan Andromax C2 di Malang dijawab dalam waktu 1 1/2 jam melalui Message.

smartfren-facebook-page

Kalau anda membutuhkan penjelasan cepat mengenai produk atau fitur Smartfren dan cukup panjang tulisannya maka lebih baik lewat Facebook saja.

Menghubungi Smartfren melalui Twitter

Dari pengamatan saya respon paling cepat adalah melalui akun Twitter Smartfren @smartfrencare, mungkin karena Twitter paling cocok dalam menyampaikan informasi singkat tapi luas dengan cepat.

smartfren-twitter

Saya sendiri belum mencoba menanyakan ke akun Twitter Smartfren karena pertanyaan saya rasanya tidak cocok dijawab dalam 140 karakter. Tapi kalau anda membutuhkan resolusi cepat dan malas mengetik panjang – panjang cobalah media ini menghubungi mereka.

Lainnya

Kebetulan saya mengeluhkan mengenai ketersediaan Andromax C2 di Malang yang sulit dicari dengan alasan belum datang pada saat menanyakan ke Galeri Smartfren disini sejak 2 minggu lalu dan rutin datang setiap 2-3 hari sekali. Kalau dilihat dari balasan customer servicenya Smartfren sih katanya sudah didistribusikan ke seluruh Galeri Smartfren dan disarankan untuk mengunjungi langsung kembali. Padahal ini yang saya tanyakan daripada repot – repot datang terus ke Galeri Smartfren tapi tidak ada terus barangnya. 😉

Kesimpulannya sih secara pribadi saya puas terhadap fast response dan jawaban yang langsung ke pokok permasalahan, tapi menurut saya kurang memuaskan dari solusi yang (tidak) ditawarkan. Jawabannya memang tidak salah, cuma mungkin berharap lebih saja saya. Entah dengan penyedia lain tapi ternyata kita tidak bisa mengetahui keadaan Galeri Smartfren regional dari pusat.

Jadi sekian saja dokumentasi pribadi saya dan sekaligus merangkap keluhan. Haha… 😀

11 pemikiran pada “Dimana sebaiknya menyampaikan keluhan ke Smartfren?”

  1. Malam Smartfren aq pengguna Smartfren R2 sudah 1minggu ni signal Smartfren daerah Sidoarjo khususnya tempat saya tinggal geluran taman sepanjang signal Smartfren tdk ada klo aku katakan LEMOT yg pastinya jelek banget..aku sebagai pengguna merasa kecewa banget yg katanya jaringan terluas tp mana alhasil kalah sama operator lain
    Mohon diperbaiki

    Balas
    • Trims sharenya mas. Tapi keluhan sebaiknya dilaporkan langsung ke customer carenya, walau kemungkinan kecil akan segera ditangani karena ini wireless.

      *Saya bukan orang Smartfren.

  2. Saya merasa dirugikan sekali memakai smartfren disaat saya pembelian pulsa selalu Hilang atau ketarik 1000 Padahal Data Tidak saya nyalahkan Kenapa Bisa Begitu Kalau sekali 2Kali Tidak papa Ini Setiap pembelian pulsa MerugikN sekali

    Balas
  3. Ini uda yg kesekian kalinya beli voucher kirim lewat sms tapi tidak ada notifikasi apa apa, baik itu suda aktif ataupun tidaknya. smartfreen tolong di perhatikan lagi. Kecewa pelanggan. Disaat saat butuh pula kondisinya seperti ini.

    Balas
    • Hari ini malah mati total jaringan saya,sering terjadi,klau giny terus mending pindah pakai telkomsel…
      Smart semakin hari semakin lemot

Tulis komentar...