DriverView: Menampilkan daftar seluruh driver yang terinstall

Pada umumnya kalau membeli komputer dalam jumlah banyak maka jenis atau spesifikasi hardwarenya akan sama persis, dan biasa digunakan dalam lingkungan kantor, laboratorium, sekolah atau warnet. Sehingga konfigurasi sistem operasi dan softwarenya akan identik juga.

Bukan berarti masalahnya akan sama persis, tapi kalau ada kerusakan bisa dikanibal antar komputer, dan mengisolasi apa spesifik penyebab masalahnya. Kalau bukan secara perangkat keras maka kemungkinannya adalah software, dan ini biasanya dikarenakan driver yang terinstall bisa berbeda.

Dengan menggunakan DriverView anda bisa melihat daftar seluruh driver yang terinstall di Windows, ini termasuk milik Microsoft dan pembuat hardware lainnya.
driverview

Anda akan mendapatkan nama file dari drivernya, jenis driver, penjelasannya, versi driver, siapa pembuatnya dan masih banyak lagi. Bisa dikatakan kalau informasi yang ditampilkan sungguhlah lengkap, malah terlalu banyak menurut saya.

Untuk mempermudah anda membedakan konfigurasi driver antar komputer maka sebelum menyimpannya sebagai CSV atau HTML saya sarankan menyembunyikan driver buatan Microsoft (View > Hide Microsoft Drivers) karena jumlahnya terlalu banyak dan semestinya tidak ada perbedaan dengan komputer lain yang sama spesifikasinya. Hasilnya hanya akan tersisa beberapa driver saja, kemungkinan sekitar 20an saja tergantung berapa banyak hardware yang pernah dipasang, dan ini akan meringankan kerja kita membandingkan satu per satu informasinya

Tulis komentar...