Eraser: Hapus data sensitif secara total

Seringkali kita memiliki file – file penting yang tidak ingin dibocorkan ke orang lain, menghapus dengan cara biasa saja tidak cukup karena dengan menggunakan program pemulihan data seperti Recuva ada kemungkinan file tersebut akan kembali seperti semula. Anda memerlukan program yang menghapus data sensitif secara penuh dan tidak bisa diperbaiki kembali filenya dengan cara apapun.

Kalau anda mengalami masalah ini maka Eraser bisa menjadi solusi anda. Dengan aplikasi ini anda bisa memastikan tidak ada file yang bisa dikembalikan atau diperbaiki, algoritma yang digunakan sendiri merupakan standar militer sehingga bisa diandalkan untuk hal seperti ini.

Cara menggunakannya sendiri cukuplah mudah, jalankan programnya dan buat New Task, ini bisa dari menu Erase Schedule atau menu klik kanan.

eraser

Pada Task Properties klik tombol Add Data dan tipe default tasknya adalah dijalankan manual.
eraser-task-properties

Pertama tentukan metode penghapusan yang ingin digunakan, saya memakai standar militer Amerika Serikat untuk percobaan. Kemudian isikan apakah yang ingin dihapus adalah file, file – file dalam folder, kapasitas kosong dalam disk yang tidak sedang terpakai, dan Recycle Bin. Awas jangan sampai salah pilih, sekali dijalankan maka tidak ada jalan untuk mengembalikan file – file yang sudah terlanjut diproses penghapusannnya. Saran saya lepaskan seluruh USB Flashdisk dan Harddisk eksternal sebelumnya.
eraser-select-data-to-erase
Pada jendela utama Eraser klik kanan pada tugas yang ada dan pilih Run Now. Silahkan tunggu prosesnya sampai selesai, ini bisa sangat lama sekali kalau file – filenya berjumlah banyak dan berukuran besar.

Klik pada nama tugas yang sedang berjalan untuk melihat kemajuan prosesnya, anda bisa mengetahui sedang menghapus apa dan berapa lama waktu yang tersisa.

eraser-erasure-progress

Selesai! Sekarang data – data penting anda tidak akan bisa dipulihkan kembali, anda bisa memastikannya sendiri dengan mencoba berbagai macam software untuk mengembalikan data kalau masih ragu. Program ini wajib anda jalankan kalau anda ingin menjual harddisk, flashdisk atau laptop anda – ini mencegah agar data – data pribadi tidak dilihat orang lain yang iseng.

Tulis komentar...