Format gambar terbaik

Seringkali kita kebingungan dalam menyimpan gambar sebaiknya dalam format apa? Yang populer dan sudah dikenal adalah JPEG ( Joint Photographic Experts Group) , GIF (Graphics Interchange Format), atau PNG (Portable Network Graphics), dan sudah sering terjadi perdebatan mana format gambar yang terbaik.

Karena itu saya akan menuliskan hasil pengamatan dan pengalaman saya dalam menggunakan ketiga format gambar populer ini.

jpeg-mini-after-optimizing

JPEG

JPEG sering kita temui sebagai format penyimpanan foto digital, ekstensinya antara *.jpg atau *.jpeg. Format ini menggunakan kompresi bertipe lossy yang maksudnya akan ada informasi yang hilang dalam prosesnya. Semakin besar rasio kompresinya atau kalau anda berulang kali menyimpan ke resolusi lain maka bisa pecah gambarnya.

Ukurannya adalah yang paling kecil dan masih menyimpan detail kualitas yang relatif sama (24bit RGB) dengan sumbernya yang kompleks. Kalau gambar anda adalah foto atau memiliki banyak warna di dalamnya maka sebaiknya menggunakan JPEG.

GIF

Sedangkan GIF adalah format gambar dengan dukungan warna dan detail terendah yaitu 256 warna, kalau anda membutuhkan gambar dengan background transparan maka anda bisa memanfaatkan GIF. Tapi kelebihannya terutama adalah kemampuannya membuat gambar yang bergerak atau teranimasi, karena itu sering kita lihat di internet potongan video dengan format gif.

Kalau jumlah warna yang ada dalam gambar terbatas atau sedikit maka gunakan GIF, apalagi kalau membutuhkan animasi maka sementara yang merajai adalah format ini. Tapi dari pengamatan saya untuk animasi format video WEBM sudah mulai mengejar popularitasnya karena ukurannya yang relatif lebih kecil dengan detail animasi yang setara dengan sumbernya, dan merupakan format video HTML5 yang didukung Google.

PNG

PNG sendiri dibuat untuk menggantikan format GIF yang dukungan warna dan kualitasnya cukup rendah. Anda bisa membuat gambar PNG dengan background transparan tapi tidak bisa membuat animasi dengannya. Kompresinya bertipe lossless jadi tidak ada informasi yang hilang dan memiliki dukungan warna 24bit seperti JPG.

PNG merupakan yang paling cocok digunakan untuk membuat screenshot atau gambar dengan detail yang tidak terlalu kompleks.

Singkatnya, format gambar mana yang terbaik?

Prinsipnya tidak terlalu sulit, tergantung tujuannya:

  • Gunakan JPEG dalam fotografi atau gambar yang memiliki kualitas dan detail seperti foto.
  • PNG paling cocok dibuat untuk membuat gambar yang kombinasi warnanya tidak banyak seperti screenshot atau logo, dan anda membutuhkan dukungan transparan dalam gambar.
  • Sedangkan GIF cocok kalau membuat animasi saja menurut saya. Semakin detail warnanya akan memperbesar ukuran filenya dan tidak imbang dengan kualitasnya dibandingkan format lain.

Lainnya

Sekarang sudah ada format gambar terbaru besutan Google yaitu WebP, tipenya adalah lossless dan baru didukung oleh browser dan image viewer secara terbatas. Kurang lebih kualitasnya dikatakan lebih baik daripada JPEG dan memang bersaing dengannya.

Tulis komentar...