Gagal beli IAP pada aplikasi Android

Kurang lebih sejak update MIUI 8.5.5.0 pada Redmi Note 3 Pro saya tidak membeli apapun didalam aplikasinya, jadi ditap tombol beli/bayar kadang tidak muncul apapun atau terjadi error. Karena saya jarang beli IAP dari aplikasi, jadi agak telat tahunya dan awalnya sempat saya kira glitch saja, jadi diabaikan cukup lama.

Karena bulan Desember itu bertepatan dengan harbolnas dan diskon besar semacamnya, jadi ada beberapa aplikasi dan game yang bikin saya minat membelinya. Seperti pada JOOX yang tidak bisa berlangganan (selalu error) dan beli voucher/gem dalam game.

Setelah mencoba mencari tahu apa penyebab masalahnya, juga solusinya akhirnya ketemu satu caranya. Langsung saja, silahkan buka Settings (Pengaturan) > Apps (Aplikasi > Google Play Store.

Silahkan buka informasi aplikasinya, kemudian akses Permissions (Izin) dan beri centang pada Start in Background (Jalankan pada latar belakang). Setelah itu kemampuan kita membayar akan kembali dipulihkan.

Catatan saja, pembelian lewat Play Store langsung berfungsi normal, jadi hanya transaksi dalam aplikasi/game yang error. Karena ini pula saya tidak terburu – buru mencari solusinya.

Semoga membantu. 🙂

Leave a Reply