Apa yang Google tahu mengenai anda?

Last Updated on Maret 28, 2021

Oke, kita sudah punya akun Google jadi tampaknya jelas data pribadi yang tersimpan akan diolah untuk kebutuhan layanannya. Akan tetapi, dari aktivitas kita di seluruh service Google ataupun apapun yang pakai akunnya untuk login maka informasi kita bisa lebih spesifik lagi yang didapatkan.

Jadi jangan terkejut apabila anda mendapatkan iklan yang akurat dan bikin goyah iman. Contoh umumnya saat kita mencari spesifikasi handphone merek dan tipe tertentu di Google karena memang mau beli, tidak lama kemudian kita akan sering menemui promosi soal hp tersebut. Baik di google, website lain, aplikasi apapun yang ada iklannya, bahkan Facebook yang jelas beda perusahaan.

Nah… kita sebenarnya bisa melihat apa yang Google ketahui untuk profil pribadi masing-masing. Langsung saja akses link berikut: https://adssettings.google.com/authenticated

Apa jenis kelamin pemilik akunnya, berapa perkiraan usia, aplikasi yang menarget anda, minat, hobi dan banyak lagi.

Data-data ini didapatkan dari informasi yang anda simpan sendiri ke dalam akun Google juga dari penggunaan layanan mereka yang lain seperti Search, YouTube, Gmail dan sebagainya.

Apa yang bisa kita lakukan disini? Ya, ada setting untuk mematikan personalisasi iklan di halaman ini. Fungsinya agar iklan-iklan yang anda lihat sifatnya generik bukan sengaja ditarget ke anda berdasarkan data pribadi. Jadi relatif lebih terjaga privasinya.

Juga bisa memilih blokir iklan dalam sumber tertentu, contohnya saya menonaktifkan yang asalnya dari game-game tidak jelas dari Play Store. Entah kenapa saya sering dihujani promosinya di YouTube.

Tinggalkan komentar