Gunakan Remote TV Universal kalau yang asli rusak atau hilang

Kali ini saya membahas barang yang rasanya jarang diperhatikan: remote televisi. Kasusnya TV LED saya dirumah – Polytron PLD 24T305 – remotenya rusak entah kenapa. Saya sendiri sudah sangat jarang menonton televisi, tapi anggota keluarga saya di rumah masih menggunakannya untuk hiburan setelah kerja. Masalah beda generasi mungkin. 🙂 Apalagi tampaknya tv yang baru – baru walaupun jernih tidak ada tombol fisiknya untuk ganti channel dan sebagainya. Solusinya jelas mudah kan? Tinggal ke toko elektronik dan beli penggantinya. Ya, memang tidak salah tapi saya kaget ternyata harga remote tv itu mencapai Rp 150.000. Saya memang sudah siap akan sedikit mahal tapi tidak mengira plastik dengan fitur infra merah ini bisa setinggi itu.

Karena bukan hal yang urgent akhirnya saya urungkan niat membeli remote tv Polytron saat itu juga, dan saya mencari tahu mengenai dunia remote tv secara online. Dari sini saya baru berkenalan dengan adanya remote TV universal yang katanya bisa digunakan pada seluruh merek televisi. Harganya sendiri sangatlah murah, saya cek di Tokopedia bisa didapatkan mulai harga 14ribuan.

2 dus remote tv universal chung he rm 133e led beserta 1 remotenya.
2 dus remote tv universal Chung He RM-133R+LED beserta 1 remotenya.

Mereknya Chung He RM133E+LED dan karena ongkos kirimnya setara dengan harga barangnya sekalian saja saya beli 2 kalau cuma 1 agak sayang soalnya (tipe pikiran konsumtif 🙁 ), agak judi juga aslinya kalau tidak berfungsi ya punya 2 remote nganggur di rumah. Pas barangnya datang di rumah aslinya tidak berharap banyak, dan saya sendiri masih harus keluar dulu beli 2 buah baterai tipe AA karena tidak ada pas saya cari.

Bagaimana remote tv universal ini bekerja? Nanti didalamnya akan ada kertas manual yang cukup besar berisi kode – kode angka untuk merek – merek televisi jenis LCD dan LED tertentu. Misal: Sony, Samsung, Polytron, LG, Toshiba, Sharp, dan masih sangat banyak lagi. Nah… kita harus menekan kombinasi angka tersebut untuk mensettingnya sesuai merek televisi di rumah. Tekan tombol S untuk setting, kemudian Power, dan disusul 3 angka kodenya. Selesai. Dan memang bisa berfungsi di tv saya. Haha. 😀

Dari segi fisik memang tidak bagus, seperti plastik mainan tapi dari segi fungsi tidak ada masalah sama sekali. Dan ada fitur senternya. Hahaha. 😀 Mungkin butuh pas mati lampu, jadi multifungsi. Sekarang tinggal masalah awet tidaknya saja.

Jadi kesimpulan review saya kalau remote televisi asli anda bermasalah, rusak, atau hilang maka saya sarankan agar beli remote tv universal saja sebagai alternatif. Lebih murah soalnya dan fungsinya sama saja. Saya cek di kemasannya ternyata Chung He ini ada remote universal untuk DVD Player dan AC.

24 pemikiran pada “Gunakan Remote TV Universal kalau yang asli rusak atau hilang”

    • Sangat terbantu sih mas, harga remote aslinya bisa 500% lebih mahal dari yang universal, memang modelnya seperti mainan plastik murah tapi berfungsi normal kok.

    • Kalau pakai yang saya bahas ga bisa mas. Tapi ada produk khususnya untuk remote VCD/DVD Player. Coba cek Tokopedia atau BukaLapak.

    • Ada tipe remotenya sendiri mas, yang bukan LED/LCD pastinya.

      Saran saya, tanyakan ke penjualnya bisa tidak. Saya juga memastikan dengan tanya dulu.

  1. Tolong bantu sy…
    Tv sy remot nya rosak tp sy dh beli remot nya ternyata tv sy tidk ada dlm daftar remot.
    Gimn cara nya mas…

  2. Tolonglah saya. Tv sy sdh ganti mesin di tukang servis, waktu itu sih dikasih remotnya juga, tp sekarang remotnya hilang jadi gak bisa ganti chanel dong. Skrg aku beli remotnya universal gak bisa seting nya. Krn mesin tvnya gak tau merek apa.

  3. Bantu saya mas…saya baru beli tv led panasonic malam minggu kemarin tp ada masalah pada remotnya atau tv nya…pas saya nyalain awal sih bisa tapi beberapa menit kemudian remotnya suka gk berfungsi..bahkan matiin aja gk bisa harus sicabut baru mati..tolong mas sarannya gimana

    • Karena ini masih baru, sebaiknya mas komplain dan garansikan saja tvnya. Atau kalau mau coba ya beli remot yang saya bahas diatas, nanti ketahuan yang rusak tvnya atau remotnya.

  4. Mas,punya saya LED Aqua kendalanya baterai cepat habis.diganti sehari langsung habis.saya cari diremot universal ga ada yg konek.dan tidak ada kode untuk merk Aqua.minta solusi mas beli yang baru mahal 200rban ???

    • 🙁 Saya sendiri baru tahu merek tv Aqua mas. Coba cari tahu pabrikannya dimana saja mas. Maksud saya diproduksi satu pabrik dengan merek apa, biasanya sama formatnya.

  5. Gan, tv ane kaga conect pake universal.
    Merk tv aqua japan. (dahulu sih sanyo) direname ganti itu.
    Pake kode sanyo gabisa. Ada solusikah.
    Harga baru lumayan soalnya 😀

Tulis komentar...