Cara menghapus akun Getcontact

Getcontact adalah aplikasi dialer dan pengelola daftar nomor telepon yang bisa dikatakan sangat penting dibandingkan pengelola panggilan bawaan handphone. Apa saja fungsi Getcontact? Utamanya mengenali nomor asing yang berusaha menghubungi anda, dari informasi ini kita bisa tahu siapa orangnya atau pihak mana. Siapa tahu teman atau keluarga sedang menunggak utang, dan kita yang dikejar debt collector.

Sistem dari Getcontact sendiri sangat sederhana tapi ampuh, dimana saat pertama kita menginstall aplikasinya maka akan diminta ijin membaca daftar kontak yang kita miliki. Data inilah yang dikumpulkan dan diolah untuk melengkapi informasi untuk satu nomor handphone. Jadi kita tahu identitas pemilik nomornya dari pengguna Getcontact, semakin banyak akan semakin akurat.

Cara menghapus penanda Getcontact

Penanda atau tag, adalah nama-nama yang diberikan oleh pengguna Getcontact yang tersimpan dalam kontaknya. Semakin sering nomor hp yang dituju dipakai, akan semakin banyak orang yang menamainya. Dari daftar tag yang muncul kita minimal bisa tahu namanya atau pekerjaannya. Jangan kaget kalau campur aduk.

Tapi dari pengalaman pribadi, marketing bank atau asuransi condong memberikan nama lengkap sesuai KTP dan ini menurut saya melanggar privasi. Mungkin bukan rahasia bagi yang kenal, tapi kita melindungi diri dari yang asing. Karena itu tidak salah kalau kita ingin mencegah beberapa nama tidak diinginkan muncul saat nomor hp kita dicari di Getcontact.

  1. Akses daftar tag yang tercantum untuk nomor telepon kita. Di profil akun.
  2. Ketuk pada nama yang ingin dihapus dan dengan cepat geser ke kiri.
  3. Kalau benar, akan muncul garis merah dan icon tong sampah.
  4. Isi alasan kenapa dibuang penandanya, dan konfirmasi.

Setelah ini, tidak akan muncul lagi nama-nama tidak diinginkan yang tercatat untuk nomor kita. Proses ini bisa dibatalkan, tinggal akses profil lagi dan kembalikan dari setting tag terhapus.

Cara membekukan akun Getcontact

Tingkat berikutnya adalah menyembunyikan informasi apapun dari nomor hp. Banyak yang belum tahu bahwa di Getcontact itu bisa disembunyikan profilnya. Efeknya nanti saat nomor hp tadi dicari maka akan kosong, juga ada pesan bahwa oleh pemiliknya tidak ingin datanya tampil di Getcontact.

  1. Dalam aplikasinya, ketuk menu Others atau Lainnya di kanan bawah.
  2. Selanjutnya akses Settings atau Pengaturan.
  3. Pilih Account Settings atau Pengaturan Akun.
  4. Tap di Manage Account atau Kelola Akun.
  5. Kemudian ada opsi Freeze atau Bekukan.
  6. Akhirnya tinggal memilih alasan kenapa ingin membekukan akun Getcontact.
  7. Selesai.

Ada waktu tunggu hingga 3 jam untuk update setting pencariannya, jadi tinggal duduk diam manis dan besoknya bisa dicek ulang apakah benar kelar atau belum.

Cara menyembunyikan profil Getcontact

Bagaimana kalau kita tidak punya akun Getcontact karena takut informasi kontak bocor atau disalahgunakan? Atau sudah terlanjur uninstall aplikasinya? Kabar gembiranya ada solusi untuk itu. Modal browser dan nomor seluler saja.

  1. Dimulai lewat browser, buka link ini: https://www.getcontact.com/id/manage
  2. Verifikasi kepemilikan nomor telepon via WhatsApp, Telegram atau SMS.
  3. Setelah sukses, gulir ke bagian paling bahwa dan nonaktifkan Visibilitas atau Search Visibility.
  4. Sekian dan bisa ditutup halamannya.

Ini nanti fungsinya sama dengan membekukan akun Getcontact tapi tanpa perlu appnya.

Cara menghapus akun Getcontact

Menutup akun Getcontact adalah opsi nuklir, totalitas tidak ingin ada data apapun mengenai nomor seluler kita tersimpan di server Getcontact. Sayangnya tidak ada opsi mandiri untuk melakukannya. Kita harus mengajukannya secara manual lewat formulir.

  1. URL formulirnya: https://www.getcontact.com/send-report
  2. Isi sesuai dengan data anda. Seperti Email, negara, nomor telepon, nama dan sebagainya.
  3. Subyek isikan dengan permintaan menghapus akun permanen.
  4. Dan pada kotak pesan, bisa dijabarkan lagi lebih rinci.
  5. Kirim laporannya dan tunggu saja balasannya.

Mungkin sobat membaca di FAQ resmi Getcontact bahwa ada setting untuk menghapus akun permanen, tapi cara yang diberikan sebenarnya hanya menonaktifkan sementara saja sampai dipakai lagi.

Akhir kata

Untuk melindungi data pribadi di Getcontact itu gampang-gampang susah. Kita diberikan alat untuk melenyapkan tag-tag yang tidak diinginkan, bisa membuat nomor hp tidak bisa dicari, tapi untuk permanen menghapus akun yang susah karena harus followup manual.

Tinggalkan komentar