Ingin belajar Ubuntu Server? Download buku panduannya!

Ubuntu Server adalah edisi Ubuntu untuk digunakan sebagai pelayan berbagai macam service yang bisa anda install dan atur nantinya. Beberapa fungsi umum seperti web server (Apache2, MySQL, PHP, Ruby, Tomcat dan sebagainya), VPN, DNS server, Firewall, Mail Server, File Server, Squid Proxy dan masih banyak lagi. Wah… sungguh menarik bukan potensi dari Ubuntu Server ini? Nah.. anda bisa mendownload buku panduan setupnya dalam bentuk digital (ebook) berformat PDF.
ubuntu-logo

Membuat server tidak harus menggunakan versi terbaru Ubuntu Server, karena yang diutamakan adalah kestabilan sistem dibanding fitur yang lebih banyak. Kecuali anda memang membutuhkan fitur terbaru yang ditawarkan rilis terbaru Ubuntu Server lebih baik memilih versi yang anda kuasai. Sebisa mungkin pilihlah versi Ubuntu Server yang memiliki LTS ( Long Term Support), ini memastikan bahwa versi tersebut akan didukung dengan update dan bug fix selama 5 tahun daripada edisi Ubuntu Server biasa yang hanya selama 3 tahun. Ini menjamin bahwa versi Ubuntu Server yang anda gunakan masih dirawat oleh Canonical. LTS sendiri diberikan setiap 2 tahun sekali dan dimulai dari Ubuntu Server 10.04, 12.04 dan nantinya 14.04.

Dimana lokasi downloadnya? Berikut link untuk setiap versi Ubuntu Server, dan akan saya berikan tanda untuk versi LTSnya:

  • Ubuntu 13.10 – Rilis Oktober 2013, dengan kode nama Saucy Salamander.
  • Ubuntu 13.04 – Rilis April 2013, dengan kode nama Raring Ringtail.
  • Ubuntu 12.10 – Rilis Oktober 2012, dengan kode nama Quantal Quetzal.
  • Ubuntu 12.04 LTS – Rilis April 2012, dengan kode nama Precise Pangolin. Merupakan versi Long Term Support.
  • Ubuntu 10.04 LTS – Rilis April 2010, dengan kode nama Lucid Lynx. Merupakan versi Long Term Support.

Nanti anda akan mendapati 4 link untuk setiap edisi Ubuntu, yaitu panduan untuk Ubuntu Desktop, Ubuntu Server Guide versi HTMLnya, Ubuntu Server Guide dalam format PDF dan panduan instalasi Ubuntu Server. Silahkan pilih yang sesuai dengan kebutuhan anda.

ubuntu-documentation-links

Kelebihan versi PDF untuk Ubuntu Server Guide adalah anda dapat membacanya dimana – mana dengan perangkat anda, dicetak pun silahkan, jadi di waktu senggang pun anda akan menambah ilmu administrasi server Linux.

Tulis komentar...