Istilah pada jenis barang bekas

Advertisements

Terus terang awalnya saya sendiri agak bingung saat melihat-lihat Tokopedia atau Shopee mencari hp bekas supaya sesuai budget. Ada lagi istilah spesifik dalam judul atau deskripsinya seperti: Preloved, BNIB, Refurbish dan sebagainya.

Masalahnya walau harganya murah atau bahkan bisa lebih miring daripada pasaran second barangnya, jadi mikir dua kali karena tidak tahu hubungan kodenya dengan harganya. Jangan-jangan KW super seperti beli sepatu.

Kalau anda bingung, saya akan coba jelaskan apa-apa saja kata yang umum digunakan untuk menjelaskan ini barangnya bekas disebabkan apa.

Bekas/Second

Ini adalah istilah paling umum dalam barang yang telah dipakai dan ingin dijual kembali oleh pemiliknya. Pemakaiannya kebanyakan pribadi dan sudah tidak dipakai lagi atau kebetulan butuh uang.

Tidak menjelaskan kondisinya tapi akan dituliskan plus dan minus dalam deskripsi produk. Harap diperhatikan baik-baik.

BNIB

BNIB itu Brand New In Box. Ini barangnya masih utuh dalam dusbox belum pernah dibuka dan tersegel. Umumnya disebabkan stok lama atau koleksi. Barang lama kondisi baru.

Advertisements

BNOB

BNOB sendiri artinya Brand New Open Box. Berarti dus produk sudah dibuka. Biasanya untuk isi kelengkapan aksesoris atau IMEI. Kalau di beberapa vendor merek hp malah sudah dibongkar dulu sebelum diserahkan pembeli, padahal masih baru.

Preloved

Nah ini adalah kata kekinian untuk menerangkan bahwa ini barang bekas, tapi Preloved menunjukkan bahwa ini barang yang sangat dirawat pemiliknya. Bisa dikatakan kalau dicek di Prelo misalnya, kondisi barangnya bagus-bagus kalau sellernya jujur.

Tapi karena sudah populer digunakan akhirnya ya 11-12 dengan barang bekas biasa, kita sebagai buyer yang harus jeli melihat reputasi dan foto produknya apakah ada kekurangan. Deskripsinya kadang tidak sesuai kenyataan.

Preowned

Ini terus terang jarang saya temui, tapi kadang ada yang pakai kata ini untuk barang secondhandnya. Kalau diartikan secara literal ya barang ini pernah dimiliki orang lain. Yang sama saja dengan sinonim ini barang bekas.

Refurbished

Kategori refurbished adalah barang yang kondisinya sudah dicek oleh pabrikan aslinya dan dijual kembali ke umum. Jadi kalau ada kerusakan akan diperbaiki dulu, dites apakah normal dan baru dilepas ke pasar.

Advertisements

Ini termasuk aman karena resmi dari vendor, tapi dengan harga lebih miring dibandingkan beli baru. Apalagi dapat garansi resminya juga.

Rekondisi

Barang jenis rekondisi ini malah yang jarang dituliskan dalam detail produk. Karena umumnya satu hp tipe sama misalnya itu dirakit dari beberapa komponen yang masih normal: bisa layar LCD dari hp A kemudian mainboard dari B dan sisanya dari C. Seperti frankenstein.

Sering didapat dari hp-hp impor jepang seperti DoCoMo atau AU. Bisa dikatakan hoki-hokian apakah dapat yang normal atau tidak.

Unit Only

Barangnya hanya unitnya saja tanpa kelengkapan. Misal handphone ya dapat itu saja. Tidak ada dus, kabel, charger dan sebagainya. Ini alasan hanya unit bisa normal seperti hilang atau ketinggalan di rumah. Tapi kalau faktor lain ya bisa saja hasil pencurian atau menemukan di tengah jalan.

Ex Display

Pernah datang ke konter hp atau toko resmi seperti Samsung maupun Xiaomi misalnya. Kan ada pajangan produknya hp maupun tablet. Nah… ex display itu maksudnya ya barang bekas ini. Nama lainnya demo unit.

Apa resikonya? Karena ini barang demonstrasi ya banyak orang yang memegang dan menggunakannya, dan kita tidak tahu sudah diapakan saja juga efeknya apa. Tapi paling sering minusnya ya di LCD yang sudah bercak atau malah warnanya sudah rusak.

Advertisements

Tinggalkan komentar