Jenis sertifikat SSL

Meningkatkan keamanan website dari komunikasi antara server ke pengunjung dan sebaliknya merupakan hal yang wajib dilakukan, salah satu caranya adalah dengan mengenkripsi koneksinya menggunakan sertifikat SSL (Secure Sockets Layer). Dan dengan Google mulai mendorong supaya pemilik website menggunakan SSL yang sebelumnya hanya ada pada situs komersial maka banyak yang mulai mencari – cari sertifikat SSL dengan harga murah.

Pada dasarnya harga sertifikat SSL tergantung jenisnya, fiturnya dan siapa yang mengeluarkannya.

google-co-id-ssl-certificate

Single Domain

Sertifikat SSL untuk melindungi satu nama domain saja, kalau anda ingin menggunakan subdomain maka harus membeli lagi. Ini merupakan yang termurah dan bisa didapatkan secara gratis dari StartSSL. Warna validasinya hanyalah abu – abu biasa. Contoh: utekno.com.

Multiple Domain

Sertifikat SSL untuk lebih dari satu domain dan nama domain dibawahnya, biasanya memiliki batasan sebesar 100 nama domain didalamnya. Contoh: utekno.com, cdn.utekno.com.

Extended Validation Single Domain atau Multiple Domain

Kalau Single Domain dan Multiple Domain biasa verifikasinya cukup lewat email dengan nama domain yang didaftarkan, maka EV (Extended Validation) memiliki syarat – syarat yang lebih ketat lagi. Biasanya akan diminta surat – surat resmi dan bukti identitas pribadi dan perusahaan. Kalau menggunakan ini akan muncul warna hijau atau gembok hijau pada protokol yang digunakan pada browser.

Wildcard Domain

Satu sertifikat SSL bisa dipakai dalam banyak nama domain tanpa batas, jadi kalau anda memiliki banyak subdomain maka ini bisa menjadi pilihan anda supaya tidak repot – repot mensetting satu per satu nantinya.

Lainnya

Sebenarnya masih ada lagi jenis sertifikat SSL yang bisa digunakan pada nama domain yang berbeda, ini biasa disebut SAN atau UCC. Tapi sangat jarang sekali digunakan di internet kecuali perusahaan besar seperti Microsoft, Google atau CloudFlare.

Kalau anda masih enggan mengeluarkan uang untuk membeli sertifikat SSL maka anda bisa melihat beberapa penyedia sertifikat SSL gratis.

Tulis komentar...