jsDelivr: Layanan CDN gratis super cepat

Membuat website yang cepat adalah salah satu tujuan utama dalam optimasi, karena semakin cepat aksesnya membuat pengunjung betah dan meningkatkan peringkat dalam hasil pencarian Google. Dalam memuat suatu halaman biasanya disertakan script baik bertipe javascript atau css untuk beberapa fungsionalitasnya, dan ini bisa dialihkan hostingnya ke sebuah CDN seperti jsDelivr.

jsDelivr adalah layanan CDN yang gratis untuk javascript library, plugin, css framework, font dan semacamnya asalkan script tersebut bersifat terbuka (open source) dan bebas didistribusikan. Kalau layanan CDN dari Google atau Microsoft membatasi pada library populer maka jsDelivr mencakup banyak sekali kode – kode pustakanya, bahkan sudah mencapai ribuan sekarang – jadi skalanya saja sudah beda.

Cara menggunakan jsDelivr sangatlah mudah, anda cukup mencari nama library yang ingin digunakan. Saya contohkan adalah jQuery 2.1.0.

jsdelivr-jquery

Anda tinggal menggunakan alamat url filenya:

  • <script src="//cdn.jsdelivr.net/jquery/2.1.0/jquery.js"></script>
  • <script src="//cdn.jsdelivr.net/jquery/2.1.0/jquery.min.js"></script>

Dimana kata min dalam nama filenya berarti script tersebut berupa minified (dikompres) jadi ukurannya akan lebih kecil. Versi sebelumnya juga selalu tersedia, tinggal anda pilih saja opsinya.

Bagaimana dengan jaringan CDNnya? Yang pasti tidak kalah dengan raksasa – raksasa provider CDN lain, karena jsDelivr disponsori oleh MaxCDN, Cedexis dan CloudFlare. Bisa dibayangkan seberapa luas dan tinggi performanya nanti.

jsdelivr-network

Dengan menggunakan CDN di situs, blog, atau forum anda maka kecepatan loadingnya akan menjadi lebih cepat dan tingkat penggunaan bandwidth hosting anda akan berkurang juga. Jadi tidak ada ruginya kalau anda mencoba memasangnya. Kalau anda mencari Content Delivery Network alternatif dari jsDelivr dengan jumlah script yang dihosting sebanding maka anda bisa memakai cdnjs dari CloudFlare. Oh ya, jsDelivr memiliki plugin untuk WordPress yang nanti akan secara otomatis menggantikan setiap library yang didukungnya menggunakan jaringan CDN jsDelivr.

Tulis komentar...