kchmviewer: Pembaca file CHM penuh fitur

Walau Windows bisa membaca file CHM (file help Microsoft) secara asli tanpa program tambahan tapi kemampuannya terbatas kalau keperluan kita tidak hanya ingin membaca isinya saja. Format CHM sering kita temukan dalam Help dari program atau (sangat jarang) ebook.

File CHM sesungguhnya hanyalah kumpulan file HTML yang dikompilasikan menjadi satu dengan kompresi LZX. Karena bukan format yang rahasia maka kita dengan mudah mendapatkan software alternatif pembacanya, dan yang saya gunakan saat ini adalah kchmviewer.

kchmviewer

Pada kchmviewer anda bisa menyimpan bookmark permanen (fungsi bookmark bisa dimatikan di beberapa CHM, jadi kita bisa paksa untuk mengaktifkannya), menampilkan jenis tulisan yang benar (kadang CHM viewer asli Windows ngadat dalam menampilkan karakter asing), fitur tab untuk memudahkan kita membuka dan membaca lebih dari 1 file CHM sekaligus, dan yang terpenting bagi saya adalah fitur pencariannya. kchmviewer memiliki mesin pencari teks yang benar – benar ampuh, kalau anda sudah sering berinteraksi dengan file CHM pasti menyadari betapa terbatasnya kemampuannya dalam mencari potongan tulisan dan hasilnya sendiri masih perlu dipilah secara manual.

Bagusnya lagi program ini bersifat multiplatform, jadi bisa digunakan di Linux dan Mac yang tidak bisa membuka secara native.

Tulis komentar...