Kecepatan RAM tidak sesuai

Last Updated on April 1, 2021

Ini cerita saja, sekarang kan sudah standarnya DDR4 dan ini sering kita temukan spesifikasi untuk kecepatannya di 3200 Mhz atau PC 25600. Tapi pada salah satu PC teman saya yang pakai AMD Ryzen, saat kebetulan pamer speknya yang muncul di memori adalah 2600 Mhz. Ya jadi heran.

Sebenarnya ini belum tentu masalah atau ada yang rusak, karena menurut spesifikasi standar JEDEC itu tertinggi memang sampai 2600 Mhz saja. Sedangkan yang diatasnya itu adalah tambahan sendiri dari pabrikan RAM, CPU dan motherboardnya. Ya semacam overclock tapi resmi didukung.

Kembali lagi ke fokus pembicaraan. Solusinya bisa jadi hanya satu langkah pada setting BIOS komputernya. Silahkan cari istilah berikut dalam settingnya dan aktifkan:

  1. XMP (Extreme Memory Profiles). Ini teknologi Intel.
  2. OCP (Over Clock Profiles). Ini untuk AMD. Variasinya seperti DOCP dari ASUS, A-XMP untuk MSI, EOCP dari Gigabyte dan seterusnya.

Intinya perhatikan saja dalam BIOS pada setting memory apakah ada opsi dengan kode diatas. Tinggal hidupkan saja kalau belum dan niscaya performanya akan lebih baik daripada sebelumnya.

Aslinya kalau penggunaan sehari-hari ga kerasa ada bedanya, tapi kalau ada aktivitas yang intensif disinilah baru performanya ada selisih lebih bagus.

Sekian dan semoga bermanfaat. 🙂

Tinggalkan komentar