Kenapa baterai di Laptop Samsung tidak bisa full charge 100%?

Pertanyaan ini sering terlontar pada pengguna laptop Samsung, terutama pada seri yang terbaru. Pada saat baterai meter selalu menunjukan 80% (ada yang 70% atau 50%) maka secara otomatis status baterai akan plugged in, not charging. Seperti pada gambar di bawah.

windows-7-plugged-in-not-charging

Kebanyakan orang akan berfikir apakah baterai tersebut bermasalah atau bahkan rusak? Sebenarnya bukan ini merupakan fitur yang disediakan oleh notebook Samsung agar baterai kita lebih awet. Fitur ini dinamakan Battery Life Extender. Dengan adanya fungsi ini baterai tidak akan pernah 100% Fully Charging, pada saat 80% (70% atau 50%) secara otomatis sistem akan membuat baterai tersebut Not Charging. Hal ini untuk mencegah baterai overheating atau overcharging disebabkan listrik yang kurang bagus.

Apakah fitur Battery Life Extender tersebut bisa dinonaktifkan?

Tentu saja bisa, ikuti saja petunjuk di bawha ini:

  1. Hidupkan laptop.
  2. Tekan F2 secara terus menerus hingga masuk BIOS, umumnya Samsung menggunakan America Megatrends Inc. (AMI) BIOS pada laptopnya.
  3. Di BIOS  pilih submenu Advanced, kemudian pada Battery Life Cycle Extension pilih Disabled.
    samsung-ami-bios-battery-life-cycle-extension
  4. Setelah itu tekan F10 untuk save settings. Fitur ini sudah berhasil dinonaktifkan, jika ingin mengaktifkan kembali lakukan dengan cara yang sama cuma pada Battery Life Cycle Extension pilih Enabled.

Fitur ini sangat berguna sekali terutama bila kita menggunakan laptop dalam jangka waktu lama dan otomatis laptop harus dalam kondisi charging. Meskipun belum ada bukti yang pasti apakah dengan fitur ini bisa memperpanjang umur baterai atau tidak. Namun apabila dilihat secara teori hal tersebut masuk akal. Baterai tidak akan pernah dalam kondisi full charging sehingga pada waktu listrik tidak stabil kemudian fitur Battery Life Extender aktif, maka kasus overcharging tidak akan terjadi hal ini menyebabkan umur baterai bisa lebih lama daripada umumnya.

Semoga Bermanfaat.

16 pemikiran pada “Kenapa baterai di Laptop Samsung tidak bisa full charge 100%?”

  1. saya mau bertanya menurut mas lebih baik yang mana menyeting tetap cas sampai 80% atau sampai 100% .tolong dijawab saya sangat membutuhkan infomasi ini karena saya kebingungan melihat baterai saya hanya mengecas sampai 80 % dan juga laptop saya merupakan hadiah dari papa say,a saya tidak mau merusak laptop yang dihadiahkan papa saya

    • Saran saya jika laptop sering dipakai dalam jangka waktu lama lebih baik seting cas 80% saja… untuk masalah rusak atau tidak laptop seting cas tidak akan mempengaruhi, rusak laptop lebih banyak disebabkan faktor listrik dan manusia itu sendiri sisanya faktor luck juga berperan besar…

  2. makasih atas sarannya tapi kan saya suka ngegame ya agak lama sih mainnya jadi sebaiknya di setting sampe 80% aja ya?

  3. maksudnya colok listrik aja dibiarin ngecas terus gitu walaupun udah 80% dan keluar tulisannya pluged in ,not charging

    • Halo, boleh tahu apa model laptopnya? Warna lampu yang kedip – kedip juga apa mas? Kalau standarnya berarti baterai sedang tidak dalam proses charging.

  4. Sama ni saya pakai samsung R480,baru aja tokohnya mau sya labrak.. eh brosing dapat informsi ini makasih gan..

    Ane sklian mw nanya ni… untuk mngtur pnchayaan kyk terang dn redup pda samsung lwat keybord tkan apa ya..?

    • Halo Wegi, haha… saya pernah merasakan dilabrak gara – gara hal serupa mas. 😀

      Sudah coba tombol Fn+Panah atas mas?

  5. Admin nya pinter. Tpi saya mau nnyak, laptop saya Asus x540L tpi jika di cas lama pun hasilnya hanya 99%. Batreinya lithium-ion. Mohon sarannya.

  6. Mas mau tanya,laptopku model rv413 pas di cas kalo udah kisaran 53% itu kadang mentok gak naik lagi, kira kira itu kenapa ya? Mohon pencerahannya mas, makasih

Tulis komentar...