Kenapa harga beberapa ekstensi domain lebih mahal daripada lainnya?

Membeli nama domain dengan ekstensi populer seperti .com, .net, .org, .biz, .mobi dan .info harganya rata – rata seragam semua, kurang lebih Rp. 120.000,- saat ini. Ekstensi yang dicontohkan termasuk TLD (Top Level Domain) dan tidak diasosiasikan dengan negara manapun. Tapi tidak ada yang menghalangi anda untuk membeli domain dari negara tertentu atau yang biasa disebut ccTLD (Country Code Top Level Domain) yang memiliki ekstensi domain yang eksotis seperti .io, .us, .me, .co, .cc, .sx dan .id dari Indonesia tercinta. Tapi apa yang membuat mereka bisa berharga mahal untuk mendaftarkannya?
domain-name-word-cloud
Nah.. saya akan mencoba menjelaskan mengapa kok ekstensi domain tertentu membutuhkan biaya yang lebih tinggi dibanding yang lain untuk mendaftarkannya.

Sebenarnya ada beberapa faktor yang menentukan harga dari suatu ekstensi domain:

  • Harga dari Registry – Setiap ekstensi domain ccTLD diatur oleh negara masing – masing, seperti Pandi (.id) untuk Indonesia. Merekalah yang menentukan berapa harga dari domain yang mereka kelola. Setiap domain akan memiliki harga yang berbeda yang dibebankan kepada Registrar domain yang nantinya akan dijual kembali langsung ke pelanggan. Jadi jangan salahkan pihak penjual (web hoster biasanya) karena mereka cuma menjual kembali ke anda, tentunya jangan percaya harga dari 1 tempat saja. Carilah informasi berapa harga wajar untuk ekstensi domain tersebut, baik yang umum dan yang langka.
  • Mata uang – Setiap Registrar umumnya membeli ekstensi domain negara ini menggunakan mata uang lokal mereka. Ini juga yang ikut berpengaruh terhadap tarif yang diterapkan ke pelanggannya. Kebanyakkan dari penyedia ccTLD negara masing – masing hanya menerima? mata uang asli negaranya, seperti Rupiah untuk Indonesia dan akan mengikuti fluktuasi nilai pertukaran mata uang asing.

Bisa disimpulkan banyak faktor yang bisa mempengaruhi harga dari ekstensi domain ccTLD, tapi kendali berapa biayanya adalah dari pengelola domain masing – masing dan mata uang yang digunakan dalam transaksi. Tapi kalau anda ingin mendapatkan domain ccTLD gratis bisa mendapatkannya dari Freenom, baru ada 3 ekstensi setahu saya yaitu .tk, .ml dan .ga.

Tulis komentar...