Kloudsec: CDN, Proteksi situs dan HTTPS gratis terintegrasi

Sudah beberapa bulan ini saya menguji coba layanan CDN (Content Delivery Network) gratis dari Kloudsec yang secara fitur bisa dikatakan lengkap dan cocok digunakan untuk alternatif dari CloudFlare. Memang Kloudsec ini masih nama baru dan buatan negara tetangga (Singapura), tapi selama memakainya cukup stabil. Cuma pada beberapa fitur tingkat lanjutnya saja kadang rewel. 🙂

Apa saja sih yang kita dapatkan dari Kloudsec? Untuk versi gratisnya kita bisa memanfaatkan layanan CDN gratis mereka. Fitur ini dinamakan Page Optimizer oleh mereka dan perlu diaktifkan dulu. Tinggal klik saja kok, mudah sekali. Nanti anda bisa melihat grafik dari pengunjung situs berdasarkan waktu dan banyaknya. Cukup informatif dan indah terus terang.

kloudsec-page-optimizer

Dibawahnya anda bisa melihat statistik dan analisa kecepatan loading halaman website rata – rata, URL yang paling sering diakses dan mana yang paling lambat memuatnya. Bisa dibuat acuan untuk optimasi situs kedepannya. Oh ya, ada tiga tingkatan untuk seberapa maksimal CDNnya: Lite, Basic, dan Aggresive. Kalau tampilan situs anda hancur atau rusak setelah mengaktifkan fitur ini maka utak – atik settingnya.

Mereka juga menawarkan fitur perlindungan offline, sama dengan yang ada di CloudFlare. Fungsinya saat website anda down atau tidak bisa diakses (misal error 404 Not Found) maka akan ditampilkan halaman yang tersimpan dalam cache layanan Kloudsec. Jadi pengunjung masih tetap bisa membaca kontennya walaupun tidak bisa berinteraksi seperti berkomentar. Tapi… untuk gratisnya cuma dilindungi 1 halaman, setelah itu berbayar.

kloudsec-reliability

Pada halaman ini anda bisa melihat daftar halaman yang error saat diakses dan apakah ada permasalahan baru. Berbekal informasi ini anda bisa mendiagnosa permasalahannya dan semoga sekalian solusinya

Salah satu fitur gratisnya yang sangat membantu adalah sertifikat SSL gratis untuk nama domain anda, mereka memanfaatkan Let’s Encrypt dan waktu tunggunya cuma beberapa menit dan sudah bisa langsung aktif. Untuk mengalihkan trafik pengunjung dari HTTP ke HTTPS juga tinggal mengganti konfigurasinya, tinggal geser opsi Automatically redirect to HTTPS site? ke ON saja maka sudah selesai.

kloudsec-ssl-settings

Jangan lupa opsi Automatically rewrite assets to HTTPS? juga ikut ON karena kalau tidak konten gambar yang dihosting dalam website anda bisa tetap berada di HTTP dan nanti di browser bisa muncul Mixed Content Warning. Oh ya, mereka mengaktifkan HTTPS dengan opsi HSTS, ini yang bisa jadi masalah kalau anda dikemudian hari ingin kembali ke HTTP karena pengunjung lama akan mengalami error saat membuka situsnya.

Terakhir ada satu lagi fitur untuk proteksi website bernama Web Shield, tapi berbayar sayangnya. Selama versi beta bisa digunakan secara gratis. Fungsinya adalah melindungi dari serangan bot, SQL Injection, XSS dan sebagainya. Dari percobaan saya kalau akses pengunjung mencurigakan maka akan diberi halaman CAPTCHA dulu untuk verifikasi identitas pengunjung.

Kesimpulannya Kloudsec ini merupakan layanan CDN gratis yang patut dipertimbangkan sebagai alternatif dari CloudFlare dan Incapsula. Selain menawarkan kemudahan dalam setting juga fitur – fiturnya bisa lebih baik dari yang sudah ada. Terutama untuk SSL yang tinggal satu klik dan tidak perlu bingung – bingung redirectnya.

4 pemikiran pada “Kloudsec: CDN, Proteksi situs dan HTTPS gratis terintegrasi”

    • Halo, ini seperti Incapsula mas tinggal ganti A record pada DNS manager nama domain anda ke alamat IP milik Kloudsec.

Tulis komentar...