Konversi Huawei dTab d02H ke Mediapad M2

Ceritanya saya ingin sebuah tablet untuk penggunaan sehari-hari saja. Ya cuma nonton streaming film, baca ebook dan game-game ringan. Budgetnya sendiri sejutaan saja, ambil yang price to performancenya terbaik di jarak sekian. Dari pertama saya sudah mengecualikan merek Advan karena sudah dikecewakan seri iTab i7U tahun lalu.

Akhirnya ketemu tablet merek Huawei seri dtab d02h yang asalnya limpahan Docomo Jepang. Sudah Harman Kardon speakernya. Ini bukan review gadgetnya, cuma rom asli tabletnya adalah 5.1.15 Lollipop.

Yang kalau digunakan biasa saja ya ga ada masalah. Cuma dasarnya saya khilaf baca-baca ini aslinya bisa diflash ke rom Mediapad M2 global. Karena spefikasinya sama persis, cuma beda regional saja. Ini saya beli yang 8 inci.


Tentu saja saya langsung ke XDA Developers, cari info di bagian Mediapad M2: https://forum.xda-developers.com/mediapad-m2/development

Ada beberapa posting yang menyebut d02h ini, tapi ga ada sama sekali tutorialnya. Cuma ada beberapa komentar disana sekilas “katanya” mudah, tinggal flash firmware M2 ke d02H.

Hasilnya? Setelah saya install TWRP malah bootloop dan sempat brick (Func NO 11 (recovery image) + Error NO 2 (load failed)). Konter saja nyerah. 😀 Dianggap Kirin itu sama dengan Mediatek flashnya.

Apakah ada tutorialnya? Ada kok tapi saya telat ketemunya setelah bootloop, langsung buka link ini: https://www.yukari.ne.jp/shtml/?p=14588

Betul bahasa Jepang, tapi dengan Google Translate bisa dipahami. Dan langkah-langkah pentingnya (adb/flashboot) tertulis.

Silahkan diikuti saja. Work kok gan, jadi saya ga perlu nulis ulang. Tapi untuk yang ukuran 8.0 inch ya, yang 10 inch mungkin tinggal diadaptasikan saja versi ROM yang sesuai untuk didownload.

Tapi berdasarkan tutorial diatas, saya ingin berbagi pengalaman saya sendiri saat perjuangan menghidupkan kembali tablet dari bootloop dan sampai proses flash ke ROM Mediapad M2 terbaru yang sudah/masih Marshmallow. Jadi apa-apa saja yang tidak disebut dalam tutorialnya, bisa diperlukan atau akan mengalami.

  1. Kalau saat pakai adb atau flashboot perintahnya command unknown semacamnya. Ini perkara driver. Saran saya install aplikasi Huawei HiSuite.
  2. Kondisi device Huawei dtab d02H yang dijual di Indonesia itu masih dalam bootloader locked. Untuk membukanya tidak bisa lewat situs Huawei lagi (dulu sistemnya mirip dengan Xiaomi) karena sudah ditutup per 24 Mei 2018 lalu.Solusinya? Kita bisa pakai jasa pihak ketiga seperti DC Unlocker/HCU Client untuk unlock bootloader, tapi ini berbayar 4 Euro. Bisa bayar lewat PayPal.
  3. TWRP yang digunakan carilah di XDA pada bagian forum Mediapad M2. Entah kenapa yang versi TWRP resminya malah gagal dan bootloop, untung masih bisa fastboot. Saya pakai yang bahasa Rusia.
  4. Saat sukses flash/konversi ROM Docomo Lollipop ke M2 global Lollipop (YES! :D). Banyak aplikasi yang forced close/crash. Parahnya nomor IMEI juga hilang. Ini versi EMUI 3.1.Karena ga tahu solusinya, dan memang berniat upgrade ke latest version ya nekat saja akhirnya.
  5. Untuk update ke versi 6.0 MM/EMUI 4.0. File update.zip bisa dicopy menggunakan adb push, yang ini entah saya selalu gagal/tidak ada filenya walaupun notifikasinya sukses. Akhirnya saya copy manual lewat PC ke folder dload.
  6. Dan setelah sukses menjadi 6.0, IMEI tablet pulih kembali. Dan sampai saat ini (kurang lebih seminggu setelah proses konversi) tidak ada masalah/semua berfungsi normal. 😀
  7. Inti tutorialnya itu. Install TWRP, pasang ROM 5.1 M2 menimpa Docomo, kemudian bootloadernya dipakai yang asli Huawei menimpa TWRP (tidak dipakai lagi), kemudian update ke 6.0.
  8. Kalau anda ketemu video YouTube berbahasa Vietnam yang mendemokan hasil ganti ROM DoCoMo ke global, itu dia sebenarnya menawarkan jasa flashing. Nanti pakai TeamViewer, dan dibandrol 30 USD.
  9. Harap jangan flash kalau bootloadernya masih belum unlock. Alamat bootloop/ngebrick.
  10. Terakhir. Sanggahan, kegiatan flash ini ada resikonya. Walaupun anda sudah mengikuti tutorial dan beberapa tips yang saya bagikan untuk melengkapi. Tapi hasilnya anda tanggung sendiri. Saya tidak bertanggung jawab kalau terjadi kerusakan. Do With Your Own Risk.

Terakhir terimakasih untuk bro Neko yang sudah menuliskan tutorial konversi Huawei dTab d02H ke Huawei Mediapad M2 8.0. Kalau ga ada anda yang berbagi asli tablet saya cuma jadi ganjal jendela di rumah. 😀

BTW, kalau ada yang penasaran ini bisa buat main PUBGM ga. Saran saya jangan dipaksa, walaupun sudah paling rendah masih ada patah-patahnya walaupun minimal. Tapi AOV dan Mobile Legends lancar.

Semoga bermanfaat. 🙂

12 pemikiran pada “Konversi Huawei dTab d02H ke Mediapad M2”

  1. Gan, ane tertarik buat mengikuti langkah agan, Konversi Huawei dTab d02H ke Mediapad M2
    tapi kalo boleh kasih link file yang digunakan dan langkah per langkahnya, kl bisa lagi pake video di youtube..
    terima kasih gan

    Balas
    • Untuk file-filenya ada di link tutorial diatas mas.

      Butuh M2.zip yang dishare Neko, dan update.zip dari XDA.

      TWRP juga ada di XDA.

      Saya ga bisa videokan prosesnya karena sudah selesai jadi M2 versi 6.0.

      Langkah-langkah ya itu, di blog yang saya link diatas. Pakai Google Translate.

      TWRP > flash isi M2.zip > reboot > buat folder dload > copy update.zip kedalamnya > update lewat aplikasi huawei.

  2. saya beli sudah ke ada an .sudah unlock dan root tapi tidak ada super user. pernah saya coba flash sesuai intruksi yang di web japan itu. tapi . gagal flash via ada fastboot . cuma ada tulisan waiting for the device mau pasang trwp takut bootlof . kalau boleh jasa agan nya buat upgrade ke emui 4.0 .

    Balas
  3. Penasaran itu menyakit kan pasang twrp 3.0.2-0 mozart akhir error akhirnya bootloop. tapi akhir nya selesai juga ke gagalan . huawei dtab d02h conversi ke huawei mediatab m2 . sukses . dengan membaca tutorial . di situs jepang . ternyata ada custom rom nya . yang sudah bisa root twrp xposed ,

    Balas
  4. gan punya saya udh ada twrp dan udah di root kira2 dan rom nya kayak stock android 5.0 bukan emui gitu kira2 bisa gak jadi marshmallow gan kalau bisa apa2 saja langkahnya gan, terimakasih sebelumnya gan

    Balas

Tulis komentar...