Konversi presentasi PowerPoint menjadi file PDF secara online

Sewaktu kuliah dahulu salah satu dosen saya yang paranoid supaya presentasi powerpointnya tidak asal dicopy-paste juga dimodifikasi, beliau akan memberikan versi PDFnya dan dipasang password lagi. Memang tidak salah apa yang dilakukan karena ini hak pembuatnya, dan memang untuk jenis – jenis dokumen tertentu sebaiknya diamankan dari segala modifikasi yang bisa mengubah apa isinya secara sengaja maupun tidak.

Karena itulah format file PDF akan lebih cocok karena sulit sekali format tampilannya dikembalikan ke asalnya, dan ini lebih baik daripada format ppt/pptx yang bisa langsung diedit atau pps/ppsx yang memang kalau dijalankan akan langsung masuk mode presentasi slideshow tapi sebenarnya juga bisa dibuka isinya.

Di kantor ada rekan kerja yang membutuhkan fungsi serupa,  inilah yang membuat saya ingat akan ciri khas dosen saya dahulu. Dan karena saya tidak ingin menginstall program yang jarang digunakan maka saya mencari solusinya online. Dan ternyata SmallPDF memiliki tool konversi PPT menjadi PDF online.

smallpdf-ppt-to-pdf

Tinggal anda masukkan saja file PowerPoint kedalamnya dan proses upload akan otomatis berjalan, kemudian akan langsung dilanjutkan dengan proses konversi. Silahkan ditunggu, dari percobaan saya cukup singkat kok waktunya.

Setelah itu akan muncul link downloadnya, bagusnya lagi dibanding layanan online konversi PDF lainnya bahwa SmallPDF ini tidak meminta alamat email hanya untuk mengunduhnya. Ini merupakan nilai lebih bagi saya yang tidak ingin repot. Bagaimana dengan hasil konversinya? Bisa dikatakan saya puas, dan memang file PDFnya mirip dengan sumber presentasinya.

Tulis komentar...