Konversi TGA ke JPG mudah dan cepat

Pernah menemukan file dengan ekstensi .TGA atau .TARGA? Ini adalah format file gambar dan dulu sempat populer digunakan untuk gambar berjenis raster atau bitmap. Saya baru saja berurusan dengan file TGA ini karena teman saya masih bermain game DoTA (yang lama) di Warcraft 3 dan untuk screenshotnya memakai format gambar ini, dan ia meminta bantuan untuk mengkonversinya menjadi JPG karena bisa dilihat dimana – mana tanpa program tambahan.

Karena teman saya menginginkan program di komputer bukannya online dan gratis maka saya cuma mencoba kemampuan dari Easy2Convert TGA to JPG yang cuma berukuran 1.82 MB, sangat kecil memang tapi sayangnya tidak portable. Untung dalam menjalankan tugasnya lancar jaya, jadi sudah cukup puas akan fungsinya.
easy2convert-tga-to-jpg

Nanti anda tinggal mengisikan lokasi file TGA tadi atau bisa langsung satu foldernya kalau ingin melakukan konversi TGA ke JPG secara massal. Setelah itu anda bisa menentukan dimana lokasi penyimpanan hasil prosesnya, secara default pada lokasi yang sama dengan sumbernya. Nanti filenya akan menggunakan nama yang sama dengan asal jadi anda tidak akan bingung mencari – cari.

Terus terang saya memang menyarankan agar anda mengubah format gambarnya menjadi JPEG, selain standar dan bisa dibaca di program image viewer manapun juga ukurannya akan menjadi lebih kecil – bahkan bisa mencapai 90% dari percobaan saya tanpa mengurangi kualitasnya.

Semoga bermanfaat. 🙂

Tulis komentar...