LastPass: Username dan password anda dengan aman dimana saja

Banyak dari kenalan saya yang tidak mau repot menghapalkan password untuk akun – akunnya. Sudah umum kalau usernamenya sama (ini wajar) dan passwordnya pun tidak diubah pada situs, layanan online, atau game yang berbeda (ini yang berbahaya). Efek negatifnya kalau ada yang tahu atau berhasil menebak apa passwordnya otomatis seluruh akun anda akan ada resiko dihack dan menjadi bermasalah kalau ada data pribadi anda dibaca orang lain.

Walau pada masing – masing browser seperti Google Chrome dan Mozilla Firefox sudah memiliki fitur penyimpanan username dan password tapi ini dapat dengan mudah dilihat isinya kalau tidak diproteksi. Terus terang saya malah jarang menggunakannya karena sudah jatuh hati pada layanan manajemen akun dari LastPass. Jadi seluruh akun, username dan password akan tersimpan dalam LastPass dan bisa diatur dengan mudah dengan gratis.
lastpass-my-vault

Nanti setiap kali anda akan login akan otomatis diisikan username dan passwordnya, ini masih biasa. Tapi tahukah anda saat anda mengisikan formulir untuk registrasi akun misalnya anda bisa membuat templatenya? Jadi bisa otomatis diisikan data diri anda beserta passwordnya yang akan dibuat otomatis dengan tingkat kekuatan tinggi. Saya sering menggunakan fitur pembuat passwordnya dan tidak perlu menghapalnya karena sudah disave dalam akun LastPass, sungguh dimanjakan penggunanya.
lastpass-generate-secure-password
Tapi karena seluruh password tersimpan dalam satu tempat tentu membuat kita sedikit was – was bukan? Ya, kalau kita hanya menggunakan alamat email dan password biasa untuk mengakses akun LastPass anda memang cukup beresiko. Tapi untungnya LastPass memberikan fitur keamanan yang lebih baik, ini bisa dengan wajib mengisikan password master akun LastPass sebelum bisa menggunakannya, mengirimkan email konfirmasi untuk masuk LastPass, mengaktifkan 2 Factor Authentication, membatasi akses dari perangkat tidak dikenal, dan masih banyak lagi.

Yang pasti jangan sampai anda lupa apa password LastPass anda, tidak bisa dipulihkan kalau lupa atau hilang dan pihak mereka sendiri tidak bisa mengetahui apa kata sandi ataupun meresetnya.

Semoga review LastPass saya bermanfaat. 🙂

4 pemikiran pada “LastPass: Username dan password anda dengan aman dimana saja”

  1. Asssalamualaikum,,,,

    bosss,,
    m tnya nich boss,,,
    gimana caranya mengembalikan
    bookmark yang ada pada Google Chrome
    yang os sdh terinstal,,,????

    • Tidak ada backupnya atau di Chrome tidak sign-in ke akun Gmail mas? Wah ya repot kalau ini, coba ya jalankan Recuva dan cari di drive untuk profil defaultnya.

      Sejatinya ada di %LOCALAPPDATA%\Google\Chrome\User Data\Default tapi ini ada di Windows lama anda, jadi dari hasil pemulihan data Recuva telusuri sampai mendapatkannya.

Tulis komentar...