Lightshot: Membuat screenshot dan upload gambarnya otomatis

Membuat screenshot di Windows merupakan hal yang mudah, tinggal tekan tombol PrintScreen dan tinggal paste hasilnya dalam Microsoft Paint sudahlah cukup. Atau bisa menggunakan Snipping Tool bawaan Windows, tapi kalau ingin memberikan ke teman atau orang lain pada media diskusi online seperti forum maka kita harus menguploadnya dahulu baru bisa dibagikan. Ini jelas merepotkan, dan Lightshot datang sebagai solusinya.

Hal ini saya alami saya ingin mengetahui bagaimana tampilan masalah yang dialami salah satu pengunjung dalam fungsi Sleep di Windows. Karena nantinya akan terlalu repot untuk kedua belah pihak untuk dimulai mengajarkan dari awal, dan ini masih belum masuk proses pelacakan apa masalahnya. Maka saya putuskan untuk menyarankan penggunaan Lightshot dalam pembuatan screenshotnya.
lightshot-take-a-screenshot

Anda tinggal menekan tombol PrintScreen, nanti bisa mengatur area apa saja yang akan ditangkap. Kita bisa melakukan editing dan anotasi, tapi fungsi yang kita inginkan adalah setelah penangkapan apa yang ditampilkan di layar adalah menguploadnya supaya bisa segera diberikan gambarnya. Jadi klik saja icon awan di posisi toolbar kiri bawah atau langsung saja tekan shortcut CTRL-D dan silahkan tunggu proses uploadnya selesai.
lightshot-uploading-image
Nanti akan otomatis muncul jendela proses unggah file berhasil dan akan mendapatkan linknya yang bisa dibagikan. Cukup mudah dan cepat bukan? 🙂 Nama domain yang digunakan untuk urlnya adalah prntscr.com, jadi kalau anda mendapatkan gambar yang disimpan disini berarti telah dibuat oleh aplikasi Lightshot.

Oh ya, software LightShot ini selain gratis digunakan juga bisa digunakan di Mac.

Satu pemikiran pada “Lightshot: Membuat screenshot dan upload gambarnya otomatis”

Tulis komentar...