Lokasi folder temporary dari Internet Download Manager

Last Updated on Mei 29, 2014

Internet Download Manager merupakan salah satu software terpopuler untuk mempercepat download sampai kecepatan maksimal yang diberikan penyedia layanan koneksi internet. Aplikasi ini dapat diandalkan untuk mendownload file – file berukuran besar seperti video dengan kualitas HD, installer program, musik, dokumen dan sebagainya.

IDM akan mendownload file menjadi beberapa bagian di folder temporary (sementara) sebelum menyimpannya di folder lokasi penyimpanan yang telah anda tentukan sebelumnya – atau folder penyimpanan default IDM yang dipisahkan berdasarkan ekstensi filenya.

Lokasi temporary Internet Download Manager default

Kalau anda ingin melihat file yang belum selesai didownload bisa dengan mengakses folder temporary Internet Download Manager, lokasinya secara default berada di C:\Users\[Username]\AppData\Roaming\Roaming\IDM\ – dimana [Username] harap digantikan dengan username Windows anda.

idm-temp-folder-roaming

Anda bisa melihat isi folder tempat penyimpanan sementara disini, untuk melihat download yang belum selesai silahkan akses folder DwnlData dan klik Username anda berikutnya. Selanjutnya akses nama folder yang sekiranya sesuai dengan proses unduh yang dicari, kalau tidak yakin coba saja satu persatu karena semua folder yang ada disini disini merupakan proses pengunduhan yang belum selesai atau gagal.

idm-incomplete-download-folder

Bila anda perhatikan maka file yang didownload tidak memiliki ekstensi dan memiliki jumlah file yang sama dengan file yang sedang didownload. Jadi untuk menggunakan selayaknya file biasa di Windows harap ubah namanya dan berikan ekstensi file sesuai dengan yang diunduh.

idm-incomplete-download

 

Lokasi temporary folder Internet Download Manager non-default

Cara diatas akan berhasil kalau anda tidak mengubah lokasi default temporary folder di IDM. Kalau anda telah mengubahnya entah dengan alasan apa dan saat ini anda lupa lokasinya, anda bisa melihat settings lokasi temporary folder IDM dengan mengikuti cara berikut. Pertama buka aplikasi Internet Download Manager terlebih dahulu, kemudian klik menu Downloads dan akses Options.

idm-downloads-options

Pindahkan posisi tab ke bagian Save To, perhatikan bagian bawah halaman opsi lokasi penyimpanan file download IDM ini.

idm-options-save-to

Anda akan menemukan bagian bernama Temporary directory, lihat lokasi folder temporary yang telah ditentukan dan akses folder tersebut secara manual untuk mengambil file – filenya. Selanjutnya cara yang digunakan adalah sama persis dengan proses yang saya jelaskan diatas untuk mengambil file dari folder temporary IDM secara default.

53 pemikiran pada “Lokasi folder temporary dari Internet Download Manager”

  1. jadi gini saya udh selesai download tapi setelah lalu setelah itu proses penyatuan file nah saat itu komputer saya mati, lalu saya liat lagi ternyata size hasil file yang saya download tidak sesuai dengan yang file didownload alhasil file tersebut tidak bisa dipakai saya korup namun ternyata bukan,nah bagaimana solusinya

    Balas
    • Maksudnya pas merging file di IDM mendadak terhenti karena mati PCnya?

      Wah ya terpaksa ngulang kalau ini mas.

  2. Permisi, mau tanya, kalau file log_0 yang berupa file Notepad itu di hapus berpengaruh tidak? soal nya ukuran sampai berpuluh puluh giga, local disk c jadi penuh, kalau di hapus video dan file file yang sudah di download bakal kehapus juga tidak? terimakasih

    Balas
  3. Bang…mo Tanya sedikit nih…Tdi ane abis ngeupdate windows 10.Nah tapi gagal,trus klo gagal ngeupdate kan ga ngurang memory penyimpanan …tpi kok di laptop ane malah berkurang memory nya.Yg awalnya 39 GB malah jadi 27 GB.Nah ITU masalahnya gmn bang?Pdhl udah ane hapus file downloadnya di Software Distribution,tpi cmn nambah dikit doang…

    Balas
  4. mau tanya mas, jadi saya itu lagi download di wifi cukup banyak video, terus saya emang sempat mindahkan beberapa file biar rapi, tapi berhubung ada yang baru download jadi yg baru download ngga saya pindahkan, saya pas itu masih nunggu satu file yang belum selesai download. pas sampe rumah mau ditonton yang sisa ada cuma file yang terakhir download, saya kira cuma butuh di refresh, tapi ngga ngaruh, udah di restart juga ngga ngaruh, udah ngikutin semua cara di google juga ngga ngaruh, terus udh saya cek di folder2 yang sebelumnya juga masih ngga ketemu. ada solusinya ngga ya mas?

    Balas
  5. gan, klw misal folder temporary di pindah ke penyimpanan yang lain gmana, soalnya drive c pake ssd, kasihan klw ssdnya di buat read write terus.

    Balas
  6. punya saya sudah saya ubah ekstensinya sesuai dgn yg saya download, file yg di app data
    ternyata ketika saya putar vidionya, tidak ada suaranya….
    mohon solusinya

    Balas
  7. Gimana caranya liat di windows 7 soalnya di laptop saya tidak ada file AppData setelah file username itu. Video sudah 100% didownload tapi tiba-tiba error dan gagal menyimpan karena memori tidak mencukupi
    terima kasih

    Balas

Tinggalkan komentar