Lokasi folder temporary dari Internet Download Manager

Internet Download Manager merupakan salah satu software terpopuler untuk mempercepat download sampai kecepatan maksimal yang diberikan penyedia layanan koneksi internet. Aplikasi ini dapat diandalkan untuk mendownload file – file berukuran besar seperti video dengan kualitas HD, installer program, musik, dokumen dan sebagainya.

IDM akan mendownload file menjadi beberapa bagian di folder temporary (sementara) sebelum menyimpannya di folder lokasi penyimpanan yang telah anda tentukan sebelumnya – atau folder penyimpanan default IDM yang dipisahkan berdasarkan ekstensi filenya.

Lokasi temporary Internet Download Manager default

Kalau anda ingin melihat file yang belum selesai didownload bisa dengan mengakses folder temporary Internet Download Manager, lokasinya secara default berada di C:\Users\[Username]\AppData\Roaming\Roaming\IDM\ – dimana [Username] harap digantikan dengan username Windows anda.

idm-temp-folder-roaming

Anda bisa melihat isi folder tempat penyimpanan sementara disini, untuk melihat download yang belum selesai silahkan akses folder DwnlData dan klik Username anda berikutnya. Selanjutnya akses nama folder yang sekiranya sesuai dengan proses unduh yang dicari, kalau tidak yakin coba saja satu persatu karena semua folder yang ada disini disini merupakan proses pengunduhan yang belum selesai atau gagal.

idm-incomplete-download-folder

Bila anda perhatikan maka file yang didownload tidak memiliki ekstensi dan memiliki jumlah file yang sama dengan file yang sedang didownload. Jadi untuk menggunakan selayaknya file biasa di Windows harap ubah namanya dan berikan ekstensi file sesuai dengan yang diunduh.

idm-incomplete-download

 

Lokasi temporary folder Internet Download Manager non-default

Cara diatas akan berhasil kalau anda tidak mengubah lokasi default temporary folder di IDM. Kalau anda telah mengubahnya entah dengan alasan apa dan saat ini anda lupa lokasinya, anda bisa melihat settings lokasi temporary folder IDM dengan mengikuti cara berikut. Pertama buka aplikasi Internet Download Manager terlebih dahulu, kemudian klik menu Downloads dan akses Options.

idm-downloads-options

Pindahkan posisi tab ke bagian Save To, perhatikan bagian bawah halaman opsi lokasi penyimpanan file download IDM ini.

idm-options-save-to

Anda akan menemukan bagian bernama Temporary directory, lihat lokasi folder temporary yang telah ditentukan dan akses folder tersebut secara manual untuk mengambil file – filenya. Selanjutnya cara yang digunakan adalah sama persis dengan proses yang saya jelaskan diatas untuk mengambil file dari folder temporary IDM secara default.

53 pemikiran pada “Lokasi folder temporary dari Internet Download Manager”

    • Halo Ade, ini maksudnya download video ya?

      Jadi biasanya penyebab file video yang diunduh tidak bisa dimainkan adalah download belum selesai sehingga datanya tidak lengkap. Kalau seperti ini memang tidak banyak yang bisa dilakukan kecuali mengulang kembali proses downloadnya.

      Anda bisa memaksa memainkan video yang korup ini dengan menggunakan video player yang lebih toleran terhadap kerusakan file, contohnya adalah VLC, KMPlayer atau SPlayer. Silahkan dicoba terlebih dahulu.

  1. mas saya nanya,klo file yang di dwnloadnya pogram gimana ya cara extensinya.saya nyari nemunya cara extensi file2 sejenis video banyaknya.terimakasih sebelumnya

    Balas
    • Selamat siang Ai,

      Yang pasti cari nama folder yang sesuai dengan nama program yang didownload. Didalamnya akan terdapat file dengan ekstensi *.exe. Kalau belum selesai didownload akan ada file lain dengan ekstensi exe2, exe3, exe4 dan seterusnya.

    • Selamat malam Ryan, seharusnya aman untuk dihapus karena semua isinya adalah file sementara dari hasil download IDM yang sedang berjalan atau gagal.

  2. mas saya mau nanya tentang IDM kalo file downloadnya sudah di delete apakah bisa di cek historynya jadi history download apasaja yang pernah ada

    Balas
    • Selamat pagi Luthfi, di daftar download dalam program IDMnya sudah tidak ada nama – nama filenya? Di All Downloads atau Finished. Cara terakhir adalah mengecek satu per satu isi dari folder temporary IDM anda.

  3. selamat pagi, mohon pencerahannya mas
    kan saya download video konser sekitar 4gb, nah pas di tengah jalan putus dan tidak bisa di resume, jadi saya putuskan untuk me-delete file yg gagal di download tadi,
    nah masalahnya, setelah saya delete file yg gagal tadi, kok kapasitas hdd saya tidak kembali seperti sebelum download, padahalkan saya tidak meneruskan download video tadi,
    terimakasih sebelumnya ^^

    Balas
    • Halo Afif, kalau yang anda maksudkan dengan menghapus adalah melalui program IDM klik kanan pada file dan klik Remove maka itu hanya menghapus dari daftar downloadnya saja. Filenya dibiarkan walaupun belum selesai.

      Solusinya ya hapus secara manual pada folder temporary IDM anda sesuai artikel diatas.

  4. mau nanya ms Chandra,
    klo temporary folder download tanpa menggunakan download manager dimana ya?
    saya sedang download file via google chrome dengan size sekitar 400mb, belum sampai selesai tiba2 download gagal. saya cari2 filenya tp gak ketemu2… 🙁
    mohon pencerahannya…
    terimakasih

    Balas
    • Selamat sore Valdo, menggunakan Windows apa ya anda? Alternatifnya silahkan cek Options > Save to nanti akan ada opsi Temporary directory dibawah, buka saja lokasinya.

  5. Terima kasih mas informasinya, pertanyaan selanjutnya setelah tahu lokasi file temporarynya bagaimana cara buat melanjutkan downloadan nya mas? kebetulan saya download file video padahal sudah 98% terus gagal. nah biasanya kan muncul di download list IDM tinggal di klik resume maka bisa dilanjutkan sisa downloadannya. tapi ini gak muncul di download list ternyata cuma ada di file temporary saja. bagaimana ya mas solusinya ? terima kasih 🙂

    Balas
    • Selamat pagi Ruddy, syarat utamanya memang link downloadnya bisa disambung (resume) mas. Kemungkinan sesi download file tadi sudah mati sehingga tidak bisa dilanjutkan.

      Alternatifnya:
      1. Buka lagi link video yang akan didownload, kemudian biarkan sesaat dan stop.
      2. Silahkan copy link download video baru.
      3. Klik kanan pada unduhan lama yang tidak selesai dan pilih Properties.
      4. Ubah isi dari address dengan url download yang baru.
      5. Jalankan lagi proses downloadnya.

  6. folder di roaming > IDM > dwnldata > (nama folder) . Ini bisa di delete ga? ada pengaruhnya g nanti kalau didelete? soalnya ada folder yg isinya besar seperti (1436227354f1_0). pas dibuka isinya cuman berupa text document dgan nama log_0. terima kasih

    Balas
    • Silahkan mas David, hapus saja tidak apa – apa kok. Itu isinya antara catatan dari daftar download anda atau hasil unduhan file yang gagal selesai.

  7. mas di laptop win 7 saya gx ad appdata.lokasi ny c/user/win7/appdata/roaming/IDM tp pas sya bka cm sampe c/user/win7 trus folder appdata ny gx ad.itu gimana solusi ny mas.apakah ter hidden kl emang terhideen cra biar gx terhidden lg gmna. mkasih

    Balas
    • Halo Ary, kalau anda ketikkan alamatnya manual bagaimana mas? Tidak terhidden kok mas, coba cek di aplikasi IDM anda dimana folder temporarynya siapa tahu berbeda.

  8. Siang mas, saya kan mau download mp3 melalui converter youtube to mp3 dengan mnggunakan tab, biasa nya bisa mlalui pc namun apakah karna saya menggunakan tab menjadi tdak bisa. Soalnya saat saya mengklik download lg muncul adalah download manager is off.
    gmna ya mas, thanks before

    Balas
    • Halo Ria, mohon maaf mbak saya masih belum paham maksudnya apa. Ini yang dimaksud tab apa ya? Tapi jagoan saya untuk urusan download video atau audio lewat addon FlashGot mbak, bisa digabungkan dengan IDM juga.

  9. kebetulan saya download file padahal sudah 98% terus gagal. nah biasanya kan muncul di download LIST IDM nah ini ga ada, gak muncul di download list ternyata cuma ada di file temporary saja. bagaimana ya mas solusinya untuk melanjutkan mendownload dari file temporary? bkn dari daftar list yg ada di IDM! terima kasih 🙂

    Balas
    • Halo Taufan, wah… kok saya kira sebaiknya batasi koneksi downloadnya jadi 1 saja mas untuk memastikan bisa selesai. Rasanya server tempat downloadnya yang tidak bisa disegmen downloadnya. Atau Save As saja lewat browser, ini bukan salah IDMnya tapi sudah dari sumber downloadnya.

      Untuk melanjutkan proses download dari temporary dan tidak ada di download list sebenarnya cukup tambahkan url filenya saja, tapi kalau sudah urusannya menggunakan sesi besar kemungkinan akan gagal dilanjutkan karena sudah dianggap beda lagi filenya oleh IDM.

  10. selamat malam mas chandra,, saya mu hapus hasil download-an seperti langkah2 yang mas posting,, nah masalahnya dilaptop saya gak ada internet download managernya,, tolong pencerahannya. terimakasih

    Balas
    • Halo Yoeri, maksudnya bagaimana ya mas? Kan yang saya bahas disini adalah IDM. Dan yang mas mau hapus itu hasil download darimana ya? Firefox? Chrome?

  11. file-file yang tadi nya saya download dengan IDM kok bisa hilang ya?
    yang tadinya lokasi nya C:\Users\Nama Pengguna\Downloads kok pindah di
    C:\Users\Nama Pengguna\AppData\Roaming\IDM\DwnlData\Nama Pengguna, tapi dalam bentuk folder dan isi nya kosong semua.
    Bisakah file itu di restore atau recovery???
    Dan apa penyebabnya???

    Balas
    • Itu berarti downloadnya belum selesai mas, tidak bisa diresume jadi dihapus semuanya oleh IDM. Lokasi yang anda tanyakan itu folder temporary IDM meletakkan file – file yang sedang diunduh, kalau sudah selesai baru dipindahkan ke lokasi pertama.

  12. jadi gini saya udh selesai download tapi setelah lalu setelah itu proses penyatuan file nah saat itu komputer saya mati, lalu saya liat lagi ternyata size hasil file yang saya download tidak sesuai dengan yang file didownload alhasil file tersebut tidak bisa dipakai saya korup namun ternyata bukan,nah bagaimana solusinya

    Balas
    • Maksudnya pas merging file di IDM mendadak terhenti karena mati PCnya?

      Wah ya terpaksa ngulang kalau ini mas.

  13. Permisi, mau tanya, kalau file log_0 yang berupa file Notepad itu di hapus berpengaruh tidak? soal nya ukuran sampai berpuluh puluh giga, local disk c jadi penuh, kalau di hapus video dan file file yang sudah di download bakal kehapus juga tidak? terimakasih

    Balas
  14. Bang…mo Tanya sedikit nih…Tdi ane abis ngeupdate windows 10.Nah tapi gagal,trus klo gagal ngeupdate kan ga ngurang memory penyimpanan …tpi kok di laptop ane malah berkurang memory nya.Yg awalnya 39 GB malah jadi 27 GB.Nah ITU masalahnya gmn bang?Pdhl udah ane hapus file downloadnya di Software Distribution,tpi cmn nambah dikit doang…

    Balas
  15. mau tanya mas, jadi saya itu lagi download di wifi cukup banyak video, terus saya emang sempat mindahkan beberapa file biar rapi, tapi berhubung ada yang baru download jadi yg baru download ngga saya pindahkan, saya pas itu masih nunggu satu file yang belum selesai download. pas sampe rumah mau ditonton yang sisa ada cuma file yang terakhir download, saya kira cuma butuh di refresh, tapi ngga ngaruh, udah di restart juga ngga ngaruh, udah ngikutin semua cara di google juga ngga ngaruh, terus udh saya cek di folder2 yang sebelumnya juga masih ngga ketemu. ada solusinya ngga ya mas?

    Balas
  16. gan, klw misal folder temporary di pindah ke penyimpanan yang lain gmana, soalnya drive c pake ssd, kasihan klw ssdnya di buat read write terus.

    Balas
  17. punya saya sudah saya ubah ekstensinya sesuai dgn yg saya download, file yg di app data
    ternyata ketika saya putar vidionya, tidak ada suaranya….
    mohon solusinya

    Balas
  18. Gimana caranya liat di windows 7 soalnya di laptop saya tidak ada file AppData setelah file username itu. Video sudah 100% didownload tapi tiba-tiba error dan gagal menyimpan karena memori tidak mencukupi
    terima kasih

    Balas

Tulis komentar...