LOADING

Type to search

Lainnya

Masalah kiriman TIKI dari Batam

Barang dari Batam terkenal murahnya dan memang terutama bagi yang ingin beli handphone atau gadget bisa sangat menggoda untuk beli langsung dari sana. Apalagi belanja online sudahlah lazim dan tinggal pakai ekspedisi saja dalam seminggu (normalnya) sudah sampai di rumah walaupun dari luar pulau. Tapi kenyataannya sendiri tidaklah seindah itu juga kalau untuk urusan pengiriman paketnya.

Sering saya temui bahwa sellernya di Batam dan kirimnya direkomendasikan pakai TIKI. Tidak ada masalah disini. Tapi kalau dari nomor resinya apabila dilacak akan muncul di Pekanbaru dan dengan nama CENTRAL ACC PEKANBARU dalam statusnya (mungkin ini nama Dropshipper atau cabang TIKInya). Catatan saja, saya belum pernah belanja dari Batam atau mengalami sendiri alur seperti ini, semuanya dari laporan pengunjung yang pengalamannya serupa. Saya bahkan tidak tahu nama tokonya.

Karena banyak pembeli yang tidak tahu hal ini dan yang pasti pengirimannya jadi lama (paling cepat 5 hari setahu saya baru diberangkatkan). Ini sepemahaman saya disebabkan karena adanya pajak untuk barang elektronik yang dikirimkan langsung dari Batam yang nilainya sebesar 17.5%. Biasanya buyer tidak mau membayar karena jatuhnya sama mahalnya beli di Jawa. Karena itu solusinya diteruskan ke Pekanbaru dulu baru diberangkatkan ke kota tujuan, ini yang bikin beban kerja TIKI disana meningkat jauh dan membuatnya jadi lambat.

Dan ini diperkuat oleh Ibu Liza dari TIKI Pekanbaru pada komentarnya dulu:

“Mohon maaf sebelumnya jika bapak dan ibu mau sesuai komitmen tiki ons satu hari kirim lewat tiki batam langsung saja karena satu hari sampe kok,cuma ini penjual meminta lewat pekanbaru dikarenakan ongkos lebih murah dan bebas pajak,itupun kiriman elektronik ( hp atau pun lat op ) lewat bandara tiki pekanbaru kami tidak bisa satu karung hp semua,sebelumnnya saya sudah jelaskan dicatatan resi walaupun ons akan tetapi sudah kesepakatan dengan pengirim khusus kiriman elektronik (hp dan latop ) dibeli dari batam via pekanbaru penyampaian minimal 6 hari. Terima kasih atas masukan dan sarannnya”

Jadi walaupun pakai ONS yang seharusnya datang sehari pun akan ngaret juga prosesnya. Tapi saya perhatikan dibandingkan awal – awalnya ada masalah pengalihan kiriman ini sudah relatif lebih cepat pengirimannya. Bisa dalam 2-4 hari sudah diberangkatkan.

Semoga sedikit menjelaskan kenapa kok kiriman TIKI anda dari Pekanbaru bisa tidak ada updatenya sama sekali.

Tags:

26 Comments

  1. yudistira Januari 4, 2017

    punya ane malah dri tgl 28 Des kmarin lokasinya msih di ACC Central Pekanbaru -_- ga ada status, di tracking ga bisa. Masa smpe 1 minggu msih data entry aja di pekanbaru ;(

    Balas
    1. Chandra Januari 4, 2017

      Itu ga enaknya kalau rute kirimannya ga bisa langsung mas. 🙁 Harus lewat TIKI cabang kota sebelah, prioritasnya jelas kirimannya sendiri baru titipan.

  2. anchu alby Januari 6, 2017

    Tolong di cek no. Resi saya 020207678943

    Balas
    1. Chandra Januari 6, 2017

      Ada di PANAKUKANG [MAKASSAR] hari ini.

  3. dayat Maret 17, 2017

    Mas tolong cekkan no resi saya..
    030061359271

    Balas
    1. Chandra Maret 17, 2017

      Yup, sama ceritanya dengan yang saya bahas mas. Harus sabar memang.

  4. belia Maret 26, 2017

    Kalo kirim hp ke batam dr purworejo kena pajak juga ndak bang?

    Balas
    1. Chandra Maret 26, 2017

      Tidak mbak. Ini hanya untuk barang elektronik yang keluar dari Batam.

  5. Adhan tohopi Juli 11, 2017

    Saya mengalami kasus seperti ini karena sebelumnya say belum mengetahui, jadi di bandingkan tiki ons mendingan pakai jne reg lebih cepat, saya di tawarin pake jne tp sya lebih memilih tiki ons termyta tiki ons sudah 5 hari statusnya gak berubah2, kalau masih bisa di batalkan pengen di batalkan,
    Padahal gadget yang di kirim itu sangat di butuhkann

    Balas
    1. Chandra Juli 19, 2017

      Kalau pakai JNE, mas bakal kena pajak dan ini jadinya ga murah lagi barangnya.

  6. Ricky Pratama Agustus 3, 2017

    Abang Candra, saya penasaran kenapa ke PKU itu bebas oajak? Tapi Desember kemaren ada tangkapan hape besar di Siak… Apa mungkin kalau kiriman satuan bebas pajak dan kiriman besar tidak… Apa dasar hukumnya … Halal gak sih? Tapi keterangan Bu tiki Pekanbaru begitu berarti memang bebas pajak ya Batam Ke PKU… Atau gimana?

    Balas
    1. Chandra Agustus 8, 2017

      Soal halal tidaknya saya tidak tahu mas.

      Tapi masalah pajak yang dibicarakan ini berlaku kalau barangnya dikirimkan langsung ke luar Riau dari Batam. Sesama Riau tidak kena pajak, jadinya bisa dioper ke Pekanbaru dulu.

  7. koko gobel Agustus 23, 2017

    tolong di cek ressi saya om, tolong pliss via tiki 020570001628

    Balas
    1. Chandra Agustus 30, 2017

      Resinya ga salah mas? Tidak ditemukan.

  8. sobirin November 16, 2017

    tolong di cek ressi saya mas, lewat tiki 030081066176

    Balas
    1. Chandra Desember 6, 2017

      Sudah diterima Sukarni barangnya:

      Di TIKI DEMAK [DEMAK]

      Success / RECEIVED BY: SUKARNI
      16-Nov 14:00
      Di TIKI DEMAK [DEMAK]

      With Delivery Courier
      16-Nov 11:23
      Di TIKI DEMAK [DEMAK]

      Arrived at TIKI DEMAK
      16-Nov 10:34
      Di KEPODANG [KUDUS]

      Departed to DEMAK
      15-Nov 17:42
      Di KEPODANG [KUDUS]

      Arrived at TIKI KUDUS
      15-Nov 15:40
      Di BANDARA MAS [JAKARTA]

      Departed to KUDUS
      14-Nov 22:28
      Di BANDARA MAS [JAKARTA]

      Transit at JAKARTA
      14-Nov 21:56
      Di NAGOYA [BATAM]

      Departed to JAKARTA
      13-Nov 15:34
      Di NAGOYA [BATAM]

      Arrive at TIKI at BATAM
      13-Nov 14:02
      Di MEGA LEGENDA [BATAM]

      Shipment Data Entry at BATAM
      13-Nov 11:06

  9. Avrilia Desember 10, 2017

    Saya malah udah nunggu 2 mgu katanya msh blm bs keluar batam… kesel bgd pdhl lg dibutuhkan itu laptop bwt tugas kull.

    Balas
    1. Lucky Desember 13, 2017

      Sama sy juga mbak, kayak nya paket sy masih tertahan dibatam. Padahal brg yg dikirm di tanggal yg sama dari batam, udah pada nyampe

  10. Chintya Marsella Januari 23, 2018

    Masss.. tolong cek resi saya dong.. tiki 030087463952.. sampai sekarang masih entry di nagoya batam.. belum ada pergerakan sama sekali. Padahal dikirim tanggal 20 🙁

    Balas
    1. Chandra Januari 27, 2018

      Kemarin ada di Banjarbaru mbak:

      Di BANJARBARU [BANJARBARU]

      Arrived at TIKI BANJARBARU
      26-Jan 10:14
      Di LANDASAN ULIN [BANJARMASIN]

      Departed to BANJARBARU
      25-Jan 12:20
      Di LANDASAN ULIN [BANJARMASIN]

      Arrived at TIKI BANJARMASIN
      25-Jan 12:05
      Di BANDARA MAS [JAKARTA]

      Departed to BANJARMASIN
      24-Jan 14:44
      Di BANDARA MAS [JAKARTA]

      Transit at JAKARTA
      24-Jan 14:42
      Di NAGOYA [BATAM]

      Departed to JAKARTA
      23-Jan 11:14
      Di NAGOYA [BATAM]

      Shipment Data Entry at BATAM
      20-Jan 18:18

  11. fariqul Februari 13, 2018

    mas kok ga update yah resi gue 030089394460

    Balas
    1. Chandra Maret 2, 2018

      Paketnya sudah diterima:

      Di PANAKUKANG [MAKASSAR]

      Self Collect / RECEIVED BY: FARIQUL AQNUN
      15-Feb 15:03
      Di PANAKUKANG [MAKASSAR]

      Arrived at TIKI MAKASSAR
      15-Feb 13:36
      Di BANDARA MAS [JAKARTA]

      Departed to MAKASSAR
      15-Feb 01:07
      Di BANDARA MAS [JAKARTA]

      Transit at JAKARTA
      14-Feb 19:27
      Di R ALI HAJI [TANJUNG PINANG]

      Departed to JAKARTA
      14-Feb 10:00
      Di R ALI HAJI [TANJUNG PINANG]

      Shipment Data Entry at TANJUNG PINANG
      12-Feb 08:42

      1. Dea Maret 7, 2018

        Kak tolong cek kan resi ku ,
        030091271766 (tiki)

        1. Chandra Maret 21, 2018

          Barangnya sudah diterima sendiri:

          Di [SALATIGA ]

          Success / (M) RECEIVED BY: DEA
          13-Mar 17:19
          Di TIKI SALATIGA [SALATIGA]

          With Delivery Courier
          13-Mar 09:10
          Di TIKI SALATIGA [SALATIGA]

          Arrived at TIKI SALATIGA
          12-Mar 15:42
          Di M1 [JAKARTA]

          Departed to SALATIGA
          11-Mar 02:41
          Di M1 [JAKARTA]

          Transit at JAKARTA
          11-Mar 01:55
          Di NAGOYA [BATAM]

          Departed to JAKARTA
          10-Mar 09:53
          Di NAGOYA [BATAM]

          Arrive at TIKI at BATAM
          06-Mar 08:39
          Di GRATINDA BATAM [BATAM]

          Shipment Data Entry at BATAM
          05-Mar 16:29

  12. Fahri Baharudin Maret 28, 2018

    Mas, bisa minta tolong cek kan resi aku ya, 030093208720

    Balas
    1. Chandra April 5, 2018

      Pengiriman dibatalkan mas:

      Di NAGOYA [BATAM]

      Cancel Shipment at BATAM
      02-Apr 10:56
      Di NAGOYA [BATAM]

      Shipment Data Entry at BATAM
      26-Mar 09:33

Tulis komentar...