Masalah kiriman TIKI dari Batam

Barang dari Batam terkenal murahnya dan memang terutama bagi yang ingin beli handphone atau gadget bisa sangat menggoda untuk beli langsung dari sana. Apalagi belanja online sudahlah lazim dan tinggal pakai ekspedisi saja dalam seminggu (normalnya) sudah sampai di rumah walaupun dari luar pulau. Tapi kenyataannya sendiri tidaklah seindah itu juga kalau untuk urusan pengiriman paketnya.

Sering saya temui bahwa sellernya di Batam dan kirimnya direkomendasikan pakai TIKI. Tidak ada masalah disini. Tapi kalau dari nomor resinya apabila dilacak akan muncul di Pekanbaru dan dengan nama CENTRAL ACC PEKANBARU dalam statusnya (mungkin ini nama Dropshipper atau cabang TIKInya). Catatan saja, saya belum pernah belanja dari Batam atau mengalami sendiri alur seperti ini, semuanya dari laporan pengunjung yang pengalamannya serupa. Saya bahkan tidak tahu nama tokonya.

Karena banyak pembeli yang tidak tahu hal ini dan yang pasti pengirimannya jadi lama (paling cepat 5 hari setahu saya baru diberangkatkan). Ini sepemahaman saya disebabkan karena adanya pajak untuk barang elektronik yang dikirimkan langsung dari Batam yang nilainya sebesar 17.5%. Biasanya buyer tidak mau membayar karena jatuhnya sama mahalnya beli di Jawa. Karena itu solusinya diteruskan ke Pekanbaru dulu baru diberangkatkan ke kota tujuan, ini yang bikin beban kerja TIKI disana meningkat jauh dan membuatnya jadi lambat.

Dan ini diperkuat oleh Ibu Liza dari TIKI Pekanbaru pada komentarnya dulu:

“Mohon maaf sebelumnya jika bapak dan ibu mau sesuai komitmen tiki ons satu hari kirim lewat tiki batam langsung saja karena satu hari sampe kok,cuma ini penjual meminta lewat pekanbaru dikarenakan ongkos lebih murah dan bebas pajak,itupun kiriman elektronik ( hp atau pun lat op ) lewat bandara tiki pekanbaru kami tidak bisa satu karung hp semua,sebelumnnya saya sudah jelaskan dicatatan resi walaupun ons akan tetapi sudah kesepakatan dengan pengirim khusus kiriman elektronik (hp dan latop ) dibeli dari batam via pekanbaru penyampaian minimal 6 hari. Terima kasih atas masukan dan sarannnya”

Jadi walaupun pakai ONS yang seharusnya datang sehari pun akan ngaret juga prosesnya. Tapi saya perhatikan dibandingkan awal – awalnya ada masalah pengalihan kiriman ini sudah relatif lebih cepat pengirimannya. Bisa dalam 2-4 hari sudah diberangkatkan.

Semoga sedikit menjelaskan kenapa kok kiriman TIKI anda dari Pekanbaru bisa tidak ada updatenya sama sekali.

Comments (16)

  1. yudistira Januari 4, 2017
    • Chandra Januari 4, 2017
  2. anchu alby Januari 6, 2017
    • Chandra Januari 6, 2017
  3. dayat Maret 17, 2017
    • Chandra Maret 17, 2017
  4. belia Maret 26, 2017
    • Chandra Maret 26, 2017
  5. Adhan tohopi Juli 11, 2017
    • Chandra Juli 19, 2017
  6. Ricky Pratama Agustus 3, 2017
    • Chandra Agustus 8, 2017
  7. koko gobel Agustus 23, 2017
    • Chandra Agustus 30, 2017
  8. sobirin November 16, 2017
  9. sobirin November 16, 2017

Leave a Reply