Melihat riwayat lokasi anda di Google Maps

Pada update terbaru Google Maps (9.12.0) untuk Android ada satu fitur baru yang akan sangat membantu kita mengingat – ingat kembali kemana saja kita dalam satu hari. Sebelumnya kita cuma bisa melacak lokasi handphone lewat Google Search atau cek riwayat lokasi lewat akunnya, tapi kali ini sudah terintegrasi dengan manis dalam aplikasinya dan bahkan lebih baik fungsinya.

Ya, Google Maps telah merilis fitur yang bernama Your Timeline, silahkan anda jalankan dulu appnya dan tap pada menu kemudian pilih opsi tersebut. Fitur ini juga sudah tersedia di website Google Maps dan anda harus login dulu ke akun Google/Gmail anda, tapi saya mendasarkan pembahasan saya berdasarkan aplikasinya.

android-google-maps

Defaultnya adalah menampilkan data posisi anda sekarang dalam hari ini, kalau anda tidak banyak bergerak atau tidak keluar rumah ya cuma terlihat satu titik saja dalam petanya. Anda bisa melihat tanggal – tanggal sebelumnya dengan memilih di kalender atau melakukan swiping kekiri untuk hari sebelum dan swipe ke kanan untuk setelahnya. Yang pasti tidak bisa untuk hari yang belum dijalani (besok, minggu depan, dan sebagainya), bisa meramal dong. 😛
android-google-maps-location-history
Tapi kalau pas liburan lebaran anda kemarin jalan – jalan maka akan muncul riwayat rute yang telah anda tempuh seharian, lewat jalan mana saja, berapa jarak yang anda lalui, (perkiraan) kendaraan yang anda gunakan – tampaknya dianalisa dari kecepatan anda bergerak, dan apabila anda sedang melakukan selfie – foto pemandangan atau makanan maka akan muncul dalam lini waktunya. Jadi anda tahu di lokasi mana anda sedang melakukan apa waktu itu.

android-google-maps-timeline

Kagum saya dengan kombinasi fitur ini, bisa menjadi pengingat dan catatan pribadi aktivitas anda dimana saja asalkan tidak lupa memotretnya, kalau tidak ada ya Google Maps menebak anda telah mampir di tempat apa yang nanti akan meminta konfirmasi anda apakah benar atau tidak.

Oh ya, fitur Timeline di aplikasi Google Maps ini hanya bisa diakses dari akun sendiri dan tidak bisa dibagikan ke orang lain. Sebenarnya dari hasil timeline ini yang saya khawatirkan adalah ada orang yang ingin mengetahui aktivitas pemilik handphone tersebut kemana saja dan melakukan apa pada waktu tertentu. Contohnya seperti pacar, suami atau istri, dan jenis – jenis hubungan lain. Jadi agak riskan juga kalau orang lain membuka – buka aplikasi Google Maps di ponsel Android, bisa melanggar privasi. Saya anjurkan sih dihapus saja data riwayat lokasi anda kalau ditakutkan menjadi masalah kedepannya.

Comments (2)

  1. bambak Februari 7, 2017
    • Chandra Februari 9, 2017

Leave a Reply