Melihat riwayat lokasi anda di Google Maps

Pada update terbaru Google Maps (9.12.0) untuk Android ada satu fitur baru yang akan sangat membantu kita mengingat – ingat kembali kemana saja kita dalam satu hari. Sebelumnya kita cuma bisa melacak lokasi handphone lewat Google Search atau cek riwayat lokasi lewat akunnya, tapi kali ini sudah terintegrasi dengan manis dalam aplikasinya dan bahkan lebih baik fungsinya.

Ya, Google Maps telah merilis fitur yang bernama Your Timeline, silahkan anda jalankan dulu appnya dan tap pada menu kemudian pilih opsi tersebut. Fitur ini juga sudah tersedia di website Google Maps dan anda harus login dulu ke akun Google/Gmail anda, tapi saya mendasarkan pembahasan saya berdasarkan aplikasinya.

android-google-maps

Defaultnya adalah menampilkan data posisi anda sekarang dalam hari ini, kalau anda tidak banyak bergerak atau tidak keluar rumah ya cuma terlihat satu titik saja dalam petanya. Anda bisa melihat tanggal – tanggal sebelumnya dengan memilih di kalender atau melakukan swiping kekiri untuk hari sebelum dan swipe ke kanan untuk setelahnya. Yang pasti tidak bisa untuk hari yang belum dijalani (besok, minggu depan, dan sebagainya), bisa meramal dong. 😛
android-google-maps-location-history
Tapi kalau pas liburan lebaran anda kemarin jalan – jalan maka akan muncul riwayat rute yang telah anda tempuh seharian, lewat jalan mana saja, berapa jarak yang anda lalui, (perkiraan) kendaraan yang anda gunakan – tampaknya dianalisa dari kecepatan anda bergerak, dan apabila anda sedang melakukan selfie – foto pemandangan atau makanan maka akan muncul dalam lini waktunya. Jadi anda tahu di lokasi mana anda sedang melakukan apa waktu itu.

android-google-maps-timeline

Kagum saya dengan kombinasi fitur ini, bisa menjadi pengingat dan catatan pribadi aktivitas anda dimana saja asalkan tidak lupa memotretnya, kalau tidak ada ya Google Maps menebak anda telah mampir di tempat apa yang nanti akan meminta konfirmasi anda apakah benar atau tidak.

Oh ya, fitur Timeline di aplikasi Google Maps ini hanya bisa diakses dari akun sendiri dan tidak bisa dibagikan ke orang lain. Sebenarnya dari hasil timeline ini yang saya khawatirkan adalah ada orang yang ingin mengetahui aktivitas pemilik handphone tersebut kemana saja dan melakukan apa pada waktu tertentu. Contohnya seperti pacar, suami atau istri, dan jenis – jenis hubungan lain. Jadi agak riskan juga kalau orang lain membuka – buka aplikasi Google Maps di ponsel Android, bisa melanggar privasi. Saya anjurkan sih dihapus saja data riwayat lokasi anda kalau ditakutkan menjadi masalah kedepannya.

25 pemikiran pada “Melihat riwayat lokasi anda di Google Maps”

  1. Saya sudah coba ini mas, tp agak ngaco juga ya location history nya. Di timeline saya pada tanggal 17 April itu ada history saya di kampus A. Padahal hari itu saya ga berada di kampus tersebut.

    • Kadang GPSnya mas yang melaporkan salah. Oh ya wajib nyalakan WiFi supaya lebih akurat, ini sistemnya Google juga mendeteksi nama hotspot yang fixed lokasinya untuk melengkapi akurasi datanya.

    • Tergantung kapan fitur timeline Google Mapsnya aktif mas. Setelah itu apa GPS dan WiFi hpnya selalu aktif? Dan saran saya buat offline map untuk lokasi sekitar.

  2. ada riwayat lokasi yang jauh sekali menyimpang.saya di tasikmalaya hanya melakukan perjalan dalam kota,tapi ada riwayat lokasi sebuah penginapan di ciwidey bandung,yang tentu saja sangat mengganggu.bagaimana hal itu bisa terjadi?

    • Mbak belum pernah kesana?

      Antara ada handphone lain yang pakai gmail yang sama atau GPSnya ngaco mbak.

      Bisa dihapus kok lokasi yang tersimpan. Mbak klik icon edit dan buang saja.

  3. Mohon dibantu ya kawan,saya beberapa kali mengalami masalah dengan suami akibat menyimpangnya riwayat lokasi saya.dalam 3 hari saya hanya diam dirumah dan tdk mlakukan prjalanan kemanapun keluar rumah. (Hanya smpai di halaman rumah)
    Bagaimana mngkin di riwayat trlihat bhwa sy prgi kesana kemari bhkan berkilo meter jauhnya dan dlm waktu tengah malam araupun di siang bolong.please bantu sy krna ini bisa mnyelamatkan hubungan saya.sy tdk ingin brpisah tp saya tidak nyaman trsudut sprti ini.

    • Kalau posisinya tidak akurat saya cuma terpikir beberapa penyebab:
      1. GPS hpnya sudah rusak/bermasalah. Mungkin bisa dikalibrasi.
      2. Akun Gmail anda juga aktif di hp lain, dan ini yang jalan – jalan.

  4. Hp saya hilang saya telusuri ada ket. Terlihat 2 hari yang lalu melalui kronologi maps .ada yang tau maksudnya/cara lain nya slain mnggunakan no hp/account ?
    Terimakasih

    • Ini hpnya apa mbak? Kalau Meizu/Samsung/Xiaomi ada fitur yang sama sudah terintegrasi, asal ada akun di layanan mereka bisa kita kunci perangkatnya. Ga perlu akun Google atau nomer hp, asal hpnya online maka akan melaporkan statusnya ke server vendor.

  5. Mohon maaf min mau tanya. Kenapa gps saya selalu tertuju ketempat tertentu padahal saya di rumah. Mohon jawabannya..
    Ini masalah keluarga min, istri saya gak percaya kalau saya di rumah waktu itu. Terima kasih.

    • Biasanya karena ada hp lain yang pakai akun Gmail anda mas. Teman saya pernah kejadian seperti ini, jual hp second tapi lupa direset oleh dia dan oleh si buyer tetap dipakai terus.

  6. Mohon bantuan penjelasanya donk… Tgl 13 okt 2017 riwayat lokasi sya ditgl tersebut terhapus tdk da riwayat lokasi saya berkunjung padahal saya tidak sama sx menghapus … Mohon penjelasanya knp bs terjadi kslahan seperti itu
    Thx.

  7. 1. Saya juga mengalami hal yang sama, Please help, tgl 28 oktober 2017 kmrn saya dirumah aja, ga kemana2, tp ada notif di hp suami sy kalo sy itu ke Cipinang (rumah sy di mampang). Boro2 ke cipinang, saat itu sy lg nyuci dan kecapean nyuci, ujan pula. Gara2 google ini kasih notif ga bener kami jd ribut dan sampe sekarang blm selesai karena blm ada bukti kalau sy drmh aja, ga kemana2. memang di hp saya terpasang gmail saya dan gmail dia dan di hp dia juga terpasang gmail dia dan gmail saya. Tolong bantu bagaimana meluruskan ini???

    2. Ditanggal yg sama juga spt diatas, kalau memang yang agan bilang kalau ga kemana2 ya google maps akan diem ga gerak, ok tp kenapa di timeline muncul arrived 19.07 pm??. Jadi saya dituduh dari siang itu saya pergi ke cipinang lalu balik kerumah jam 19.07????

    Tolong Bantu.

    • Lah… ini masalahnya mbak. Akun Gmail yang terpasang di hp lain ya ikut tercatat lokasinya di GPS. Ya bisa jadi suaminya yang kesana waktu itu, atau ada hp lain yang pakai akun Google mbaknya. Coba cek hpnya yang tercatat di riwayatnya mbak, seingat saya ada dan tertulis perangkat apa yang sedang jalan – jalan.

  8. Mas mau nanya dong kok dah semi ggu ini time line saya gak menunjukkan history apapun padahal saya sudah bwpergian kemana2 apajah ada masalah dalam settingannya atau apa ya makasih ya atas jawabannya

  9. Hai semua..
    Mau tanya dong.. kalo account kita dipakai di berbagai hp, misalkan anak saya, saya masukan account gmail saya. Dan kita berada di beda tempat.. itu gimana cara ngedetec nya ? Lokasi yg dipakai saya dan lokasi yang dipakai anak saya. Gimana cara ngebedain nya .. thanks yah guys.. mohon pencerahan..

Tulis komentar...