Memahami kode unik BukaLapak

Online marketplace BukaLapak menerapkan kode unik dalam pembayaran tagihannya dan cukup sering ada yang bingung bagaimana cara membayarnya, apalagi kalau transfer bank atau setor tunai. Sebenarnya tidaklah sulit tapi kadang ragu juga mengikuti instruksi pembayarannya. Nah… saya ingin mengklarifikasi mengenai kode pembayaran ini berdasarkan pengalaman selama ini belanja di BukaLapak. Ya semacam FAQ min tapi dari sisi pelanggan. 🙂

Apa itu kode unik BukaLapak?

Saat anda melakukan checkout pesanan maka akan diminta memilih metode pembayaran, dimana nanti total tagihan akan ditambahkan 3 angka yang dibuat sistem otomatis. inilah kode uniknya. Misal total invoice 172.000 dan ada angka 772 di akhirnya, jadi yang harus anda kirimkan adalah Rp. 172.772.
bukalapak-tagihan-email

 

Apa fungsi kode unik ini?

Aslinya satu manfaatnya: mempercepat proses verifikasi pembayaran karena sistem billing mereka mengharapkan nilai dana yang masuk sesuai perhitungannya. Istilahnya kalau sudah tepat maka akan auto-paid dan tidak perlu dicek manual.

Bisa tidak dibayar pas tanpa kode unik?

Selama ini bisa, dan saya sendiri selalu mengirimkan uang pas. Cuma proses konfirmasi pembayarannya jadi lebih lama. Itu saja kekurangan yang rasakan. Tapi saya tidak pernah beli barang secara buru – buru sih. Pokoknya dalam 24 jam akan mendapatkan notifikasi kalau pembayaran telah diterima sudah cukup cepat buat saya.

Saya terlanjur mengirimkan uang lebih karena takutnya salah. Bagaimana nantinya?

Ya ini sama saja anda mengirimkan uang pas, sistem tidak bisa melakukan konfirmasi otomatis atas pembayaran anda. Saya amati sering terjadi kalau pembayaran lewat setor tunai ke bank karena jelas kita tidak mungkin setor 72 Rupiah. Ini biasa disiasati antara biarkan bank yang mengambil kelebihannya atau kalau tidak bisa jangan lupa isikan nomor order dan alamat email anda pada berita acaranya. Yang poin kedua adalah wajib walaupun bayarnya terpaksa lebih.

Kemana uang kode unik disimpan setelah dibayarkan?

Karena saya biasa bayar uang pas sempat saya asumsikan selisihnya akan dideposit ke saldo BukaDompet. Ternyata salah. Haha. 😀 Untuk memastikan sudah saya konfirmasi ke customer servicenya bahwa kelebihan pembayaran dari kode unik akan disimpan oleh BukaLapak. Jadi bisa dianggap ini adalah biaya mereka dalam proses transaksinya.

Ya, sekian dulu penjelasan mengenai kode unik BukaLapak. Semoga mencerahkan. 🙂

24 pemikiran pada “Memahami kode unik BukaLapak”

    • Halo Riana, sayangnya tidak mbak. Diambil oleh BukaLapak. Ya salah satu pemasukan BL dari sini juga.

    • Halo Annisa, ini mbak transfer biasa atau ke virtual account mbak? Sudah cek status pesanan anda? Siapa tahu perlu konfirmasi manual.

  1. Min kenapa kalau di tokopedia kode uniknya bisa dikembalikan, bisa ditransfer kembali ke rek. kita, udah ane cobain. Khan BL udah dapet untung jg dari markup harga pelapak, maruk banget min, pingin protes jadinya.

    Balas
    • Dulu saya transfer ke BL selalu uang pas mas, tanpa kode unik. Tapi ya gitu, konfirmasinya harus manual dan ini bisa makan waktu 24 jam. Repot jadinya walaupun bisa. Tapi seingat saya BL ambil untung sama dengan Tokped mas, dari keanggotaan premium seller dan selisih kode uniknya. Ga ambil persentase dari harga barang.

      Dan yang pasti Tokopedia masih belum untung sampai sekarang, masih menghabiskan dana investasi dari Softbank. Kalau BL rasanya bisa untung karena ambil selisihnya.

  2. atas nama sitikomariyah. udah bayar tpi barangnya blum datang udah seminggu trus ga ada masuk e-mail dan sms,ga ada kode barang tolong ya Kasih jwaban

    Balas
  3. Bagaimana tranfer lewat ATM.sy punya ATM bukan salah satu bank yg dimaksud(BRI BCA dll) dan bagaimana caranya konfir bahwa sy telah mentranfer lewat android

    Balas
  4. Bro chandra, aku mau tanya nih , aku tadi udah transfer ke bca nya bukalapak nah saya itu ngirim uang nya lebih misalnya: harga yang harus dibayar 75.365 saya bayar 80.000
    Nah itu gak ada konfirmasi pembayaran nya

    Balas
    • Saya sudah lama sekali ga belanja di BukaLapak mas. Mungkin caranya masih tetap atau sudah berubah, tapi kode unik ini jadi salah satu pendapatan mereka memang.

      Seingat saya kalau pakai Virtual Account atau kartu kredit ga ada kode uniknya.

Tulis komentar...