Mematikan Hello dan Pocket pada Mozilla Firefox

Tahukah anda akan fitur Hello dan Pocket di Mozilla Firefox? Kalau belum saya jelaskan dulu fungsinya. Firefox Hello adalah addon default yang bisa membuat kita bisa chatting langsung dari dalam browser. Sedangkan Pocket juga serupa tapi gunanya untuk menyimpan bookmark dan halaman website untuk dibaca lain waktu. Terus terang buat saya keduanya tidak digunakan dan bisa memberatkan browser. Untungnya sejak Mozilla Firefox versi 47 bisa kita matikan.

Langsung saja ketikkan alamat about:performance dan tekan ENTER. Pada bagian Performance of Add-ons akan muncul daftar addon/ekstensi yang terinstall dalam Firefox. Dari halaman ini kita bisa lihat juga pengaruh sebuah addon terhadap performa browser.

mozilla-firefox-about-performance

Nah.. untuk menonaktifkan Hello juga Pocket anda bisa melakukannya dari sini, klik Show All apabila tidak muncul semuanya. Kemudian klik Disable untuk mematikan kedua system addon tersebut. Akhirnya restart browser. Selesai.

Tapi untuk Pocket iconnya masih akan tetap muncul di toolbar walaupun sudah tidak berfungsi. Ini perlu dihilangkan secara manual lewat about:config. Dan kalau anda ingin benar – benar membersihkan keduanya secara total maka perlu menghapus file .xpi dalam folder instalasinya.

Semoga bermanfaat. 🙂

Leave a Reply