Mematikan Homegroup di Windows 7

Homegroup adalah fitur yang berfungsi untuk berbagai file, printer atau sumber daya lainnya dalam satu jaringan berukuran kecil. Anda bisa melihatnya dalam Windows Explorer di sisi sebelah kiri (Navigation Pane). Tapi kalau anda merasa tidak membutuhkannya karena komputer di rumah cuma ada satu maka anda bisa menyembunyikan iconnya, ya bisa dikatakan untuk merapikan tampilan Explorer dari elemen – elemen yang tidak digunakan.

Menghilangkan icon Homegroup dari Windows Explorer

Bagaimana caranya? Silahkan jalankan Registry Editor dulu (Windows+R dan isikan perintah regedit), kemudian akses lokasi berikut: HKEY_CLASSES_ROOT\CLSID\{B4FB3F98-C1EA-428d-A78A-D1F5659CBA93}\ShellFolder.

regedit-homegroup-icon-navigation-pane-explorer

Double-click pada nilai atribut DWORD di bagian sebelah kanan dan ubah isinya dengan b094010c untuk menghapus Homegroup dari Windows Explorer.

Silahkan Log-off atau restart komputer anda dan Homegroup tidak akan muncul di jendela Windows Explorer kembali. Jika anda ingin mengembalikan entry Homegroup di Navigation Pane silahkan ubah kembali nilai atribut DWORD ke b084010c.

Mematikan layanan Homegroup di Windows

Tapi cara diatas hanya akan menghilangkan iconnya saja dan programnya akan tetap aktif di background. Kalau anda ingin mematikan Homegroup secara permanen maka lanjutkan prosesnya dengan menjalankan pengaturan service Windows. Jalankan run command lagi (Window+R) dan isikan dengan services.msc.
windows-7-services-homegroup-listener-provider

Setelah itu cari dua service berikut: HomeGroup Listener dan HomeGroup Provider. Kemudian ubah Startup Typenya menjadi Disabled. Selesai dan fitur Homegroup tidak akan berfungsi lagi sampai anda menghidupkannya.

Semoga bermanfaat. 🙂

Tulis komentar...