Membaca file CSV dengan CSVFileView

Walau anda bisa membuka dan melihat file CSV dengan Microsoft Excel, mungkin anda menginginkan program alternatif yang ringan untuk membaca file CSV. Lebih baik lagi memiliki kemampuan editing sederhana file CSV, portable sehingga bisa dibawa kemana – mana tanpa perlu instalasi, dan terpenting gratis.

File CSV (Comma Separated Value) bisa menggunakan koma (,) pada umumnya dan kadang menggunakan karakter tab untuk pembatas antar nilai. Kedua jenis karakter ini juga didukung oleh aplikasi bernama CSVFileView.

csvfileview

Anda juga bisa melakukan editing pada data yang terdapat dalam file CSV dengan mudah, cukup lakukan double click pada entry yang ingin anda ubah.
csvfileview-properties
Melakukan pencarian data yang spesifik juga bisa anda lakukan dengan menekan tombol Ctrl+F. Pengurutan data dengan nama kolom dapat dilakukan dengan menekan judul kolom tersebut. Menyembunyikan kolom juga bisa anda terapkan dengan View > Choose Columns.
csvfileview-column-settings

Letak kolom dapat anda ubah dengan bebas tinggal anda tarik saja judul kolom tersebut, hal ini berguna bila ada data penting yang perlu anda perlihatkan secara bersebelahan. File CSV anda juga bisa disimpan dalam bentuk laporan HTML, tinggal klik kanan dan pilih HTML Report.
csvfileview-html-report

CSVFileView mendukung menyimpan data dengan format CSV, TXT, XML dan HTML. Dengan ukuran program yang cukup kecil dan bersifat portable sehingga anda tidak perlu melakukan instalasi. Hasil uji coba membuka file CSV dengan 5000 entry membuktikan bahwa aplikasi ini sangatlah cepat dalam menampilkannya dan terlebih lagi sangat ringan.

Tulis komentar...