Membatalkan pengiriman email di Gmail

Anda menulis sebuah email penting atau isinya adalah hal yang bersifat privasi kepada orang lain, kemudian saat anda menekan tombol Send di Gmail tiba – tiba anda berubah pikiran dan ingin membatalkan pengiriman pesan tersebut tapi sudah terlambat. Daripada saat anda mengalami kasus serupa tapi tidak ada caranya untuk mengcancel email tersebut sebaiknya anda mempersiapkan dari sekarang dengan mengaktifkan fitur pembatalan email di Gmail.

Ya, di Gmail fitur ini secara default memang tidak ada pada Settings tapi anda bisa menemukannya pada tab Labs dengan nama Undo Send. Ini disebabkan fitur ini masih dalam masa percobaan dan bagian Labs memang berisi banyak fitur – fitur eksperimental.

gmail-settings-labs-undo-send

Langsung saja untuk mengaktifkan fitur Undo Send (Pada lokasi Settings > Labs) kemudian ubah opsinya dari Disable menjadi Enable.

Nah… setelah ini setiap email yang anda kirim akan muncul notifikasi dan sebuah link aksi untuk membatalkan pengiriman email, secara default waktu tunggunya adalah 10 detik dan ini bisa anda ubah semakin cepat atau semakin lama di Settings > General.
gmail-undo-send
Fitur semacam ini kadang tidak terlihat apa fungsinya karena memang jarang digunakan, tapi saat anda mengirimkan email ke orang yang salah atau malah isi dari pesan anda yang bermasalah maka anda pasti akan bersyukur adanya fitur ini.

Semoga bermanfaat.

Tulis komentar...