Membersihkan folder Temporary IDM

Internet Download Manager merupakan salah satu aplikasi terpopuler untuk mengunduh file. Sistemnya sederhana, satu file yang didownload akan dipecah – pecah dalam beberapa koneksi dan nanti kalau sudah selesai akan digabungkan. Masalahnya saat proses downloadnya gagal setengah jalan kadang tidak dibersihkan, mungkin dianggap bisa disambung jadi dibiarkan.

Ini efeknya bisa membuat kapasitas harddisk anda penuh tanpa disadari, apalagi kalau sering download file berukuran GB. Lama kelamaan ya terasa juga langsung merah free spacenya. Misal dalam daftar unduhan anda sudah selesai semua, baik yang sukses maupun gagal maka bisa dipertimbangkan menghapus folder dan file temporary secara berkala. Walaupun bukan file sampah tapi ya tidak berguna juga.

Langsung saja copas lokasi berikut dalam Windows Explorer: %appdata%/IDM/DwnlData dan tekan ENTER. Ini akan membuka folder yang berisi file sementara unduhan IDM. Kemudian langsung bersihkan saja semua, aman kok asalkan tidak ada proses unduhan yang aktif. Harap dibandingkan dengan gambar diatas, itu nama foldernya mengadopsi format url websitenya.

Secara default lokasinya memang di drive C dan kadang kapasitasnya terbatas, tapi IDM lokasi folder TEMPnya bisa diganti ke drive/partisi lain kalau mau.

2 pemikiran pada “Membersihkan folder Temporary IDM”

Tulis komentar...