Membuat file lewat command prompt

Kali ini iseng saja sebenarnya yaitu saya penasaran bagaimana cara membuat file melalui command prompt. Lebih tepatnya apa nanti tipe atau format filenya. Dari hasil baca – baca dan berusaha mengingat materi sewaktu kuliah dulu tampaknya caranya saat ini kalau hanya menggunakan tool asli Windows hanya ada 2 metode.

Yang pertama ada melalui perintah echo disambungkan dengan redirection menuju file (>), dan ini adalah cara membuat file berbasis teks karena apa yang dijalankan dengan echo akan ditampilkan di layar dan ditangkap ke file yang telah ditentukan. Misalnya anda ingin menyimpan tulisan “ini contoh file teks” menjadi tes.txt maka perintahnya adalah: echo ini contoh file teks > tes.txt.

cmd-create-file-echo-fsutil

Untuk membaca isi filenya gunakan perintah type, contohnya: type tes.txt.

Berbeda dengan metode alternatif dengan fsutil, kalau menggunakan perintah ini kita membuat file tapi tidak ada isinya. Mungkin untuk menciptakan file palsu ada gunanya buat anda. Format perintahnya: fsutil file createnew nama_file ukuran_file, misal kita ingin membuat file dengan ukuran 640KB maka perintahnya adalah fsutil file createnew tes2.txt 655366. Gunakan gambar diatas sebagai referensi cara meneksekusi perintah – perintah cmdnya.

Semoga bermanfaat. 🙂

Satu pemikiran pada “Membuat file lewat command prompt”

Tulis komentar...